Pelita Hati: 03.12.2017 – Berjaga dalam Iman

Bacaan Markus 13:33-37

“Karena  itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu bilamanakah tuan rumah itu pulang, menjelang malam, atau tengah malam, atau larut malam, atau pagi-pagi buta, supaya kalau ia tiba-tiba datang jangan kamu didapatinya sedang tidur. Apa yang Kukatakan kepada kamu, Kukatakan kepada semua orang: berjaga-jagalah!” (Mrk. 13:35-37)

TUHAN sedang mewartakan pentingnya sebuah ketekunan dan kesetiaan dalam berjaga. Bandingkan dengan seorang satpam atau petugas piket yang sedang menjaga sebuah perumahan, kantor, kediaman, Gereja dlsb. Nampaknya tugasnya amat sepele dan gampang namun sejatinya membutuhkan kondisi badan yang fit dan kesetiaan walau kadang harus melawan rasa kantuk, lelah dan kesendirian. Karenanya dibutuhkan aktivitas dan kreativitas untuk melawan kantuk dan kebosanan.

Hidup kita sejatinya adalah sebuah penantian yang membutuhkan kesetiaan dan komitmen. Berjaga dan penantian kita pun haruslah diisi dengan sejumlah kebaikan dan keutamaan. Jika demikian, kita pun tak akan takut untuk menyambut Sang Tuhan datang dan memanggil kita. Karena itu, berjaga-jagalah dalam iman.

Harum mewangi bunga di taman,
taman hati penuh keindahan.
Hiduplah dalam kebaikan dan keutamaan,
agar pantas menyambut kedatangan Tuhan.

dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem, rm.is

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Romo Stephanus Istoto Raharjo Pr

Imam diosesan Keuskupan Agung Semarang yang kini berkarya di Keuskupan Manokwari-Sorong; Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPK) St. Benediktus di Sorong, Papua Barat.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: