Pelajaran Dari Hewan

Ayat bacaan: Ayub 12:7
======================
“Tetapi bertanyalah kepada binatang, maka engkau akan diberinya pengajaran, kepada burung di udara, maka engkau akan diberinya keterangan.”

pelajaran dari hewan, pelajaran dari binatang, renungan harian

Suka nonton film-filmnya Walt Disney? Kebanyakan film kartun Walt Disney memiliki karakter-karakter hewan yang bisa bicara. Ada yang sebagai peran pembantu, ada pula film-filmnya yang secara penuh memakai tokoh hewan, seperti Lion King misalnya. Pada jaman dimana kartun tradisional lewat sketch drawing telah digantikan lewat animasi 3D dengan bantuan komputer, atau lewat metode CGI (Computer-Graphic Imagery) sehingga bisa terlihat lebih nyata dan hidup,penceritaan lewat kisah hewan-hewan masih juga laris dipakai. Contoh yang paling baru tentu saja Kung Fu Panda yang laris manis di pasaran, dan bisa dinikmati baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Penggunaan karakter hewan ini tidak hanya lewat gambaran visual. Dongeng-dongeng di seluruh dunia pun banyak yang memakai tokoh hewan. Dongeng yang kita kenal juga sebagai dongeng jenis fabel, biasanya sarat pesan moral dan makna mendalam, berisikan berbagai kebijaksanaan dan pengajaran yang dapat menuntun anak-anak untuk memahami moral dalam kehidupannya.

Mari kita mundur lebih jauh, dan lihatlah. Tuhan pun menyuruh Ayub untuk belajar dari hewan. Mengapa harus lewat hewan? Karena kita bisa belajar dari sifat, kebiasaan dan cara hidup jutaan jenis hewan di dunia. Lihatlah etos kerja semut, yang selalu bekerja tanpa henti, mampu mengatasi berat yang jauh melebihi berat tubuhnya, dan selalu mampu bekerja sama. Salomo pun menulis: “Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak” (Amsal 6:6). Rajawali merupakan burung yang kuat, mampu menembus badai, kepak sayapnya begitu kuat untuk menembus angin hingga bisa melayang-layang di langit tinggi. Alkitab pun berulangkali memakai gambaran rajawali dalam berbagai hal, salah satunya bisa kita lihat pada Ulangan 19:4. Domba menggambarkan kebergantungan penuh pada gembalanya, sampai Yesus sendiri pun digambarkan sebagai Anak Domba Allah. Karakter singa, kambing, ular, keledai, dan banyak lagi binatang bisa kita jumpai dalam alkitab. Dalam kehidupan sehari-hari pun kita bisa belajar banyak hal dari hewan. Perilaku ikan, burung-burung, dan lainnya, baik dari apa yang kita lihat maupun dari berbagai acara televisi yang menggambarkan kehidupan hewan, kita tetap bisa memetik pelajaran. Artinya, baik lewat karakter,kebiasaan dan cara hidup hewan yang kita lihat sehari-hari, maupun lewat gambaran yang kita dapati dalam alkitab, kita bisa belajar banyak dari semua itu.

Allah bisa memakai apapun untuk menyatakan kemuliaanNya, Allah bisa memakai apapun untuk mengajarkan kita, semua yang Dia ciptakan tidak ada yang sifatnya kebetulan dan semua ada dalam rencanaNya untuk mendatangkan kebaikan. Meskipun Dia tidak terlihat dengan mata, tidak berbicara pada kita seperti obrolan kita dengan sesama manusia, Tuhan ada dalam setiap sisi kehidupan kita dan selalu berbicara, mengingatkan serta mengajarkan kita untuk hidup benar, hidup kudus, hidup setia sesuai kehendakNya.

Belajarlah dari segala hal yang anda lihat dalam perjalanan kehidupan ini, termasuk dari hewan.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply