Paus Paulus VI

Paus Paulus VI

Paus Fransiskus telah mengumumkan bahwa Paulus VI akan dinyatakan sebagai orang kudus pada hari Minggu, 14 Oktober 2018, di Vatikan. Paus Paulus VI, yang menutup Konsili Vatikan II di tahun 1965, akan dikanonisasi di Lapangan Santo Petrus bersama dengan Uskup Agung Oscar Arnulfo Romero, dan empat orang kudus lainnya, selama Sinode para Uskup di Vatikan.

Paulus VI lahir dengan nama Giovanni Battista Montini tahun 1897. Dia meninggal di kediaman kepausan Castel Gandolfo tanggal 6 Agustus 1978 setelah menjadi Paus selama 15 tahun. Saat Audiensi Umum tanggal 16 Maret 1966, Paulus VI menjelaskan “kekudusan bisa dijangkau oleh setiap orang” dan yang diperlukan untuk menjadi orang kudus hanyalah dua elemen yakni “rahmat Tuhan dan kehendak baik.”

Tetapi, Kongregasi Penggelaran Kudus Vatikan juga membutuhkan sebuah mukjizat. Mukjizat itu terjadi tahun 2014, saat seorang bayi yang belum lahir bisa disembuhkan secara misterius dalam rahim ibunya. Dalam kunjungan ke Brescia, tempat kelahiran Paulus VI, ibu dari bayi itu berdoa kepada Paus itu untuk pemulihan anaknya. Dan, berbeda dengan semua prediksi medis, bayi itu bisa sembuh total, dan wanita itu melahirkan bayi perempuan yang sehat. Keajaiban yang diperlukan untuk beatifikasi juga melibatkan penyembuhan seorang bayi dalam kehamilan yang sukar.

Kedua penyembuhan ini penting sampai saat ini karena di tahun ini dirayakan 50 tahun Ensiklik Paulus VI, Humanae Vitae, demi membela kehidupan, terutama yang belum lahir.(paul c pati berdasarkan Vatican News)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.