Paus Mulai Lawatan Pastoral ke Srilanka

paus di srilankaINILAH kunjungan Paus ke Srilanka pertama kali sejak negara kecil di tenggara India ini usai didera perang saudara dan berakhir pada tahun 2009. Paus Fransikus akan berada di Srilanka dan baru kemudian memulai lawatannya ke arah timur menuju Filipina. Inilah perjalanan kedua Paus Fransiskus yang berselang hanya lima bulan, setelah penguasa Tahta Suci ini datang ke Korsel mengawal hajatan iman berlabel Asian Youth Day. Laporan BBC menyebutkan, ribuan orang berdiri rapi di sepanjang jalan-jalan utama Colombo, Ibukota Srilanka, menyambut kedatangan Paus Fransiskus. Umat katolik di Srilanka tak lebih dari 10% dari jumlah total penduduk Srilanka; mereka datang dari kelompok etnis Sinhalese –penduduk mayoritas—dan etnis Tamil yang merupakan kelompok minoritas. Selebihnya, 70% penduduknya adalah Budhist, 13% Hindu, dan 10% Muslim. 20 tahun silam, mendiang Paus Yohannes Paulus II juga datang menyambangi Srilanka. Namun, kedatangannya sempat diboikot dan tidak mendapat sambutan hangat dari kelompok penduduk mayoritas beragama Buddisme. Pekan lalu, Maithripala Sirisena secara mengejutkan berhasil mengalahkan presiden Mahinda Rajapaksa dalam pemilu dan ia telah resmi ‘naik tahta’ sebagai pemimpin baru Srilanka mulai Jumat pekan lalu. Kredit foto by Seattle Pi

paus di srilanka

INILAH kunjungan Paus ke Srilanka pertama kali sejak negara kecil di tenggara India ini usai didera perang saudara dan berakhir pada tahun 2009. Paus Fransikus akan berada di Srilanka dan baru kemudian memulai lawatannya ke arah timur menuju Filipina.

Inilah perjalanan kedua Paus Fransiskus yang berselang hanya lima bulan, setelah penguasa Tahta Suci ini datang ke Korsel mengawal hajatan iman berlabel Asian Youth Day.

Laporan BBC menyebutkan, ribuan orang berdiri rapi di sepanjang jalan-jalan utama Colombo, Ibukota Srilanka, menyambut kedatangan Paus Fransiskus.

Umat katolik di Srilanka tak lebih dari 10% dari jumlah total penduduk Srilanka; mereka datang dari kelompok etnis Sinhalese –penduduk mayoritas—dan etnis Tamil yang merupakan kelompok minoritas. Selebihnya, 70% penduduknya adalah Budhist, 13% Hindu, dan 10% Muslim.

20 tahun silam, mendiang Paus Yohannes Paulus II juga datang menyambangi Srilanka. Namun, kedatangannya sempat diboikot dan tidak mendapat sambutan hangat dari kelompok penduduk mayoritas beragama Buddisme.

Pekan lalu, Maithripala Sirisena secara mengejutkan berhasil mengalahkan presiden Mahinda Rajapaksa dalam pemilu dan ia telah resmi ‘naik tahta’ sebagai pemimpin baru Srilanka mulai Jumat pekan lalu.

Kredit foto by Seattle Pi

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply