Paus Fransiskus terima pengunduran diri Uskup Nigeria dan angkat administrator apostolik

cq5dam.thumbnail.cropped.750.422 (12)

Kongregasi untuk Evangelisasi Bangsa-Bangsa mengeluarkan pernyataan pers hari Senin 19 Februari 3018 yang menyatakan, “Setelah menerima pengunduran diri Yang Mulia Peter Ebere Okpaleke, Bapa Suci membebaskannya dari pengurusan pastoral Keuskupan Ahiara (Nigereia Selatan), dan pada saat yang sama berterima kasih atas cintanya kepada Gereja.”

Uskup Okpaleke, seperti dilaporkan oleh  Suster Bernadette Mary Reis FSP dari Vatican News, diangkat oleh Paus Benediktus XVI tahun 2012 sebagai Uskup Keuskupan Ahiara. Namun para klerus dan umat setempat menolak pengangkatannya dan mencegahnya memasuki katedral untuk mengambil alih keuskupan itu. Sebuah laporan yang PEN@ Katolik kutip dari media lain mengatakan bahwa penolakan itu berdasarkan alasan etnis dan karena uskup itu bukan berasal dari Mbaise, wilayah seputar keuskupan mereka.

Bulan Juni 2017, Paus Fransiskus meminta setiap klerus yang secara resmi menjadi anggota keuskupan itu untuk menulis surat kepadanya dengan menjanjikan kesetiaan kepada Paus dan mengungkapkan kesediaan untuk menerima pengangkatan Uskup Okpaleke.

Paus Fransiskus menerima lebih dari 200 surat dari masing-masing imam yang mewujudkan ketaatan dan kesetiaan mereka kepadanya, serta penjelasan mengenai kesulitan mereka dalam menerima penunjukan episkopal Uskup Oksekeke.

Siaran pers kongregasi terus mengatakan bahwa “dengan mempertimbangkan penyesalan mereka, Bapa Suci memutuskan untuk tidak melanjutkan dengan sanksi kanonik dan menginstruksikan Kongregasi untuk Evangelisasi Bangsa-Bangsa untuk menanggapi mereka satu per satu.”

Paus “tidak bermaksud menunjuk uskup baru di Ahiara, tapi (…) berhak untuk tetap memberikan perhatian khusus pada keuskupan ini.” Paus telah menunjuk seorang Administrator Apostolik, Mgr Lucius Iwejuru Ugorji. Uskup Umuahia itu telah diberikan semua kekuasaan sebagai seorang uskup.(pcp berdasarkan Vatican News)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: