Paus Fransiskus dan Presiden Putin Cium Ikon “The Black Lady”

< ![endif]-->

IKON Bunda Maria atau yang dikenal di Rusia sebagai “The Black Lady” atau The Black Madonna menjadi cinderamata unik dan special dari Presiden Rusia Vladimir Putin kepada Paus Fransiskus. The Black Lady itu dibawa Putin dari Moskwa ke Vatikan dalam sebuah kunjungan pribadi ke Paus Fransiskus, 26 November 2013.

Lihatlah, keduanya lalu menunduk mencium The Black Lady itu.

Bergiliran. Mulai dari Paus, baru kemudian Presiden Rusia Vladimir Putin. Ikon The Black Lady itu konon buatan tangan Vladimir Putin sendiri.

Di Rusia, ikon “The Black Lady” sangat terkenal dan setiap orang katolik Orthodoks Rusia sangat menghormati ikon ternama ini.

Pada kesempatan pertemuan dengan Paus Fransiskus, Presiden Vladimir Putin juga menyampaikan salam hormat dari Pemimpin Gereja Katolik Orthodoks Rusia Patriarkh Kirril.

Black Madonna Rusia

Kedua pemimpin negara itu menyepakati semacam ‘usaha bersama’ untuk pembangunan dan perdamaian di Suriah, terutama untuk menjaga keselamatan penduduk Suriah beragama katolik koptik.

Kepada Paus, Presiden Vladimir Putin menyampaikan berita terbaru tentang komitmen pribadinya melarang praktik aborsi di Rusia dan ketentuan hukum itu sudah dia tandatangani sebagai hukum positif di Rusia.

Paus dan Presiden Putin mencium ikon The Black Lady  Photo credit: Il Giornale, La Repubblica

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: