Para Uskup Misa Konselebrasi di Paroki Santo Matias Rasul Kosambi Baru, Jakbar

Uskup KWI misa di Paroki Kosambi Baru altarADA yang sangat istimewa di Gereja Paroki Santo Matias Rasul di Kosambi Baru, Jakarta Barat, Minggu (9/11-2014) pagi lalu. Kali ini, gereja ditata sedemikian rapinya. Akses masuk dijaga oleh aparat kepolisian dan lapangan parkir tanpa henti selalu dimonitor oleh panitia lapangan. Sementara di arena dalam persis di depan bangunan gereja, sudah berdiri megah tratag pelindung […]

Uskup KWI misa di Paroki Kosambi Baru altar

ADA yang sangat istimewa di Gereja Paroki Santo Matias Rasul di Kosambi Baru, Jakarta Barat, Minggu (9/11-2014) pagi lalu. Kali ini, gereja ditata sedemikian rapinya. Akses masuk dijaga oleh aparat kepolisian dan lapangan parkir tanpa henti selalu dimonitor oleh panitia lapangan. Sementara di arena dalam persis di depan bangunan gereja, sudah berdiri megah tratag pelindung panas matahari.

Di sebuah sudut pojok sudah berjejer replika pemberhentian ke-12 Jalan Salib. Sedangkan di ujung depan gereja sudah sedia beberapa meja dengan pemandangan juga ‘tidak biasa’. Di situ sudah terpajang jajanan pasar dan aneka makanan ringan yang dihidangkan oleh sejumlah wilayah di Paroki Kosambi ini.

Ternyata, Minggu pagi lalu itu Paroki St. Matias Rasul Kosambi Baru kedatangan tamu-tamu sangat istimewa. Para Uskup dari seluruh Indonesia datang menyambangi Umat Katolik Paroki Kosambi Baru ini.

Yang datang dan berhalangan

Mereka yang datang dari kawasan timur Indonesia adalah Mgr. Aloysius Murwito OFM (Keuskupan Agats, Papua), Mgr. John Philip Saklil (Keuskupan Timika, Papua), Mgr. Datus Lega OFM (Keuskupan Manokwari-Sorong, Papua), Mgr. Nicholaus Adi Seputra MSC (Keuskupan Agung Merauke), Mrg. PC Mandagi MSC (Keuskupan Amboina, Maluku).

Tidak tampak hadir yakni Mgr. Leo Laba Ladjar OFM (Keuskupan Agung Jayapura).

Uskup KWI misa di Kosambi Baru 2

Misa konselebrasi para uskup di Paroki St. Matias Rasul di Kosambi Baru: Para Uskup Indonesia datang menyambangi umat Paroki Kosambi Baru, Minggu tanggal 9 November 2014 dalam rangka menyemati program fund-raising untuk seminari menengah di seluruh Indonesia yang digagas GOTAUS. (Mathias Hariyadi/Sesawi.Net)

Para Uskup dari kawasan NTT yang datang adalah Mgr. Hubertus Leteng (Keuskupan Ruteng), Mgr. Fransiskus Kopong Kung (Keuskupan Larantuka, Flores), Mgr. Sylvester San (Keuskupan Denpasar), Mgr. Gerulfus Kherubim Pareira SVD (Keuskupan Maumere, Flores), dan Mgr. Dominikus Saku (Keuskupan Atambua, Timor).

Yang berhalangan hadir Mgr. Petrus Turang (Keuskupan Agung Kupang, Timor), Mgr. Sensi Potokota (Keuskupan Ende, Flores), dan Mgr. Edmund Woga (Keuskupan Weetebula, Sumba).

Sementara para uskup dari kawasan Tengah adalah Mgr. Yos Suwatan MSC (Keuskupan Manado), Mgr. John Liku Ada (Keuskupan Agung Makassar), Mgr. AM Sutrisnaatmaka MSF (Keuskupan Palangkaraya, Kalteng), Mgr. Agustinus Agung (Keuskupan Agung Pontianak sekaligus Administrator Apostolik Keuskupan Sintang, Kalbar), Mgr. Giulio Meccucini CP (Keuskupan Sanggau, Kalbar), Mgr. Harjosusanto MSF (Keuskupan Tanjungselor, Kalut), Mgr. Pius Riana Prabdi (Keuskupan Ketapang, Kalbar), dan Pastor Yohanes Ola Keda (Administrator Apostolik Keuskupan Agung Samarinda, Kaltim).

Berhalangan hadir Mgr. Petrus Boddeng Timang (Keuskupan Banjarmasin), Mgr. Hieronimus Bumbun OFMCap (Uskup Emeritus Keuskupan Agung Pontianak).

Uskup KWI misa di Kosambi Baru

Megah dan meriah: Ketua Presidium KWI sekaligus Uskup Agung Jakarta Mgr. Ignatius Suharyo memimpin perayaan ekaristi meriah bersama Umat Paroki Santo Matias Rasul Kosambi Baru, Jakarta Barat. Misa ini diadakan dalam rangka mendukung program GOTAUS mencari dana untuk kepentingan seluruh seminari menengah di Indonesia. (Mathias Hariyadi/Sesawi.Net)

Dari kawasan Jawa hadir Mgr. Johannes Pujasumarta (Keuskupan Agung Semarang), Mgr. Julianus Sunarka SJ (Keuskupan Purwokerto, Jateng), Mgr. Antonius Subianto Bunjamin OSC (Keuskupan Bandung), dan Mgr. Ignatius Suharyo (Keuskupan Agung Jakarta), Mgr. Paskhalis Bruno Syukur OFM (Keuskupan Bogor), dan Mgr. Blasius Pudjaraharja (Uskup Emeritus Keuskupan Ketapang dan sekarang tinggal di sebuah paroki di Jawa Tengah).

Uskup KWI misa di Paroki Kosambi Baru altar

Para Uskup Indonesia di Paroki St. Matias Rasul Kosambi Baru: Usai berakhirnya perayaan ekaristi, para Uskup Indonesia didaulat panitia untuk berfoto bersama. Tampak Pastor Siprianus Hormat Pr (di atas mimbar), Sekretaris Eksekutif Komisi Seminari KWI dan Pastor Ola Keda Pr (depan, paling kanan), Administrator Keuskupan Agung Samarinda. (Mathias Hariyadi/Sesawi.Net)

Tak tampak dalam barisan ini adalah Mgr. Vincentius Sutikno Wisaksono (Keuskupan Surabaya), Mgr. Pandayaputra O’Carm (Keuskupan Malang).

Dari kawasan Sumatra hadir Mgr. Ludovicus Simanulang OFMCap (Keuskupan Sibolga, Sumut), Mgr. Anicetus Bongsu Antonius Sinaga OFMCap (Keuskupan Agung Medan), Mgr. Martinus Dogma Situmorang OFMCap (Keuskupan Padang), Mgr. Aloysius Sudarso SCJ (Keuskupan Agung Palembang), Mgr. Hilarius Moa Norak SVD (Keuskupan Pangkalpinang, Bangka), Mgr. Yohanes Harun Yuwono (Uskup Lampung).

Tak ketinggalan, ‘tuan rumah’ Uskup Agung Jakarta Mgr. Ignatius Suharyo datang sendiri memimpin rombongan para Uskup Indonesia ini dalam kapasitasnya sebagai Ketua Presidium KWI.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply