Panitia Jamnas SEKAMI 2018 Pontianak: Seluruh Utusan Keuskupan Pastikan akan Hadir

Logo Jamnas SEKAMI 2018 di Keuskupan Agung Pontianak, 3-6 Jui 2018. (Ist)

BERIKUT ini beberapa butir pernyataan Panitia Jambore Nasional Serikat Kepausan Anak dan Remaja Misioner Indonesia (Jamnas SEKAMI) 2018.


Jamnas SEKAMI 2018 akan berlangsung di Keuskupan Agung Pontianak, 3-6 Juli 2018 mendatang.


Pernyataan ini dirilis guna merespon sebaran informasi tidak benar yang telanjur tersebar sebagai sas-sus tidak jelas dari mana sumbernya namun terdengar sepanjang akhir pekan lalu.


Hoaks tersebut mengatakan, salah satu keuskupan di Kalimantan Barat tidak akan mengirim delegasi utusan ke acara nasional tersebut.

Panitia Jamnas SEKAMI 2018 Keuskupan Agung Pontianak tidak pernah menyebarkan informasi tentang tidak akan hadirnya degelasi utusan partisipan Keuskupan Sanggau.Informasi mengenai hal di atas masuk kategori hoaks.Tidak diketahui siapa yang telah merilis berita bohong tersebut dan untuk maksud seperti apa.

“Mari kita lakukan checks-and-rechecks terlebih dahulu sebelum ikut melakukan sebaran informasi yang kabur dan tidak jelas tersebut,” tutur Sr. Laura SFIC yang mengaku juga mendapatkan sebaran hoaks tersebut.


Suster biarawati anggota Kongregasi Suster Fransiskus dari Perkandungan tak Bernoda Bunda Suci Allah di Pontianak ini sempat mengkonfirmasi kepada Bapak Uskup Keuskupan Sanggau Mgr. Giulio Mencuccini CP bahwa sebaran informasi dengan konten yang tidak benar itu masuk kategori hoaks.


Kepada Sr. Laura SFIC, Mgr. Mencuccini kembali menegaskan, Keuskupan Sanggau tetap berkomitmen akan mengirim delegasi utusan partisipan mereka untuk mengikuti Jamnas SEKAMI di Keuskupan Pontianak di bulan Juli 2018 mendatang.


Mgr. Mencuccini CP secara kebetulan bertemu Sr. Laura SFIC pada kesempatan prosesi  misa pemberkatan Gereja St. Maria Ratu Pencinta Damai (MRPD) Pancasila oleh Nuntio Dubes Vatikan untuk RI Mgr. Piero Pioppo di Pontianak, Minggu (11/3/18) kemarin.


“Seluruh keuskupan di Indonesia diundang untuk  berpartisipasi dalam Jamnas SEKAMI 2018 mendatang di Pontianak,” kata Sr.Laura SFIC menjawab Sesawi.Net, Senin (12/3) pagi ini.


Jamnas SEKAMI 2018 di Pontianak mengadopsi tema “Berbagi Sukacita Injil dalam Kebinekaan”.


Kategori peserta


Pada acara nasional ini, delegasi utusan setiap keuskupan diharapkan mengambil format komposisi  peserta sebagai berikut:

Remaja kelas 6 SD–3 SMP: 20 orang (putera-puteri, masing-masing 50%).Pendamping awam: 8 orang (putera-puteri, masing-masing 50%).Biarawan-wati: 1 orang yang aktif di SEKAMI.Dirdios KKI: 1 orang.

37 keuskupan di seluruh Indonesia


Terdapat 37 Keuskupan di seluruh Indonesia. Sebanyak 33 keuskupan di luar wilayah provinsi gerejawi Pontianak diwajibkan mengadopsi aturan umum tentang ‘komposisi’ kategori peserta di atas.


Empat keuskupan di Kalimantan Barat (Sintang, Sanggau, Ketapang dan Keuskupan Agung Pontianak) akan mengutus peserta dengan jumlah yang melebihi kategori umum tersebut: 50 orang. Namun sebagai tuan rumah, Keuskupan Agung Pontianak bisa jadi akan mengirim jumlah utusan melebihi kuota 50 tadi.


Tentang hal ini, kata Sr. Laura SFIC, pihaknya sudah menyampaikan kebijakan umum tersebut  dan hal itu juga sudah tertuang dalam rilis resmi Biro Nasional KKI di Jakarta, nomor surat 01/XI-Pan-JAMNAS/2017, tertanggal 21 November 2017.


3-6 Juli di Pontianak


Kegiatan skala nasional Jamnas SEKAMI 2018 di atas akan berlangsung di Keuskupan Agung Pontianak dengan rincian sebagai berikut:

Hari/Tanggal: Selasa–Jumat, 3–6 Juli 2018.Tempat: Kompleks Gereja Katedral St. Yosef, Kompleks Persekolahan Bruder MTB,  Kompleks Persekolahan Suster SFIC, dan Gedung Pasifikus.Program acara: Jambore Nasional Serikat Kepausan Anak dan Remaja Misioner Indonesia (Jamnas SEKAMI) 2018 dalam rangka HUT SEKAMI Sedunia ke-175 tahun.

Salam misioner


Kedatangan adik-adik SEKAMI di mana pun Anda berada dengan senang hati akan selalu kami nantikan dengan penuh harapan dan sukacita.


Selamat datang di Keuskupan Agung Pontianak.


“Salam misioner dari kami di Keuskupan Agung Pontianak,” ungkap Sr. Laura SFIC. 


Informasi lebih lanjut


Semua keperluan informasi mengenai acara Jamnas SEKAMI 2018 mendatang bisa didapatkan pada narahubung berikut ini:

Sekretariat Jambore Nasional SEKAMI 2018.Jl. AR Hakim 92A, Pontianak 78011, Kalbar.[email protected].Up: Sekretaris Jamnas SEKAMI 2018 Sr. Laura SFIC dan Kak Tan Mariam.

Sumber: Sesawi

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: