Paling Ngeselin, Ada Orang Oportunis

oportunis by ist“Sebab aku takut akan tuan, karena tuan adalah manusia yang keras; tuan mengambil apa yang tidak pernah tuan taruh dan tuan menuai apa yang tidak tuan tabur.” (Luk 19, 21) KEGIATAN  untuk menuai terjadi pada saat panen. Para petani menuai hasil dari yang mereka tanam. Dalam kesempatan panenan tersebut, ada orang yang sering ‘ngangsak’. Istilah […]

oportunis by ist

“Sebab aku takut akan tuan, karena tuan adalah manusia yang keras; tuan mengambil apa yang tidak pernah tuan taruh dan tuan menuai apa yang tidak tuan tabur.” (Luk 19, 21)

KEGIATAN  untuk menuai terjadi pada saat panen. Para petani menuai hasil dari yang mereka tanam. Dalam kesempatan panenan tersebut, ada orang yang sering ‘ngangsak’.

Istilah ini menunjuk pada seseorang yang memetik sisa-sisa hasil panenan yang masih tertinggal. Mereka ‘ngangsak’ di tempat yang sudah dipanen untuk mengambil sisa-sisa. Pemilik panenan biasanya juga dengan sengaja menyisakan beberapa tangkai untuk para ‘pengangsak’ ini.

Dalam konteks ini, orang yang menuai di tempat dia tidak menabur adalah wajar dan sering terjadi. Para petani memahami orang-orang seperti ini, karena mereka memang tidak mempunyai lahan sendiri untuk diolah dan ditanami.

Dalam konteks lain, menuai apa yang tidak ditaburkan menunjuk pada sikap hidup atau kecenderungan untuk mencari enak tanpa mau bekerja keras. Orang lain bekerja keras, orang lain yang ikut menikmati hasilnya.

Dalam kehidupan bersama, seringkali terdapat pribadi-pribadi yang punya sikap seperti ini. Pada saat yang lain bekerja, ada orang yang bersembunyi, tidak datang atau menghindar dengan banyak alasan. Saat waktu istirahat dan makan, mereka muncul dan ikut menikmati.

Ada juga sementara orang muda yang tidak mau diajak mengumpulkan botol, koran dan barang bekas lain. Mereka ikut menikmati hasil penjualannya. Menikmati hasil jerih payah orang lain tidak hanya terbatas pada soal makanan, rejeki atau tercukupinya kebutuhan sehari-hari; tetapi juga dalam hal nama baik atau popularitas.

Terhadap pribadi seperti ini ada ungkapan, “Gelem nangkane, ora gelem gupak pulute.”

Temen-teman selamat pagi dan selamat berkarya. Berkah Dalem.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply