Old and New

Ayat bacaan: 2 Korintus 5:17
======================
“Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.”

manusia baru, tahun baru

Kata “Old and New” identik dengan sebuah perayaan menjelang Tahun Baru. Kita meninggalkan tahun lama dan menyongsong tahun yang baru. Detik-detik menjelang pergantian tahun biasanya dihitung mundur, dan terompet serta kembang api biasanya segera menyemarakkan suasana begitu tahun berganti, disertai peluk cium atau jabat tangan dari teman-teman. Sms atau telepon pun biasanya langsung sibuk dipenuhi ucapan selamat. Menjelang tahun baru, ramai orang yang mulai sibuk menyusun “new year’s resolution” mereka, menuliskan apa kebiasaan jelek yang hendak dirubah, atau menyusun rencana-rencana yang hendak dicapai untuk tahun depan. Sayangnya kebanyakan “new year’s resolution” itu tidak berumur panjang. Mungkin seminggu atau sebulan, kebiasaan-kebiasaan buruk itu kembali lagi. Seringkali kita punya tekad untuk menjadi manusia baru dengan pola kehidupan baru yang lebih baik, namun dalam waktu singkat akhirnya kembali lagi kepada diri kita yang lama, yang dikuasai oleh berbagai keinginan daging yang sulit untuk dilepaskan.

Ketika kita ada di dalam Kristus, kita menjadi ciptaan baru. Yang lama sudah berlalu, dan yang baru sudah datang. (2 Korintus 5:17). Sebuah hubungan baru dengan Tuhan, sebuah perdamaian pun kita peroleh lewat Kristus (ay 18). Kita pun dilayakkan untuk menerima janji-janji Tuhan, hingga memperoleh kehidupan kekal. Kita sekarang bisa masuk ke hadirat Tuhan, bisa menikmati hubungan indah denganNya. Sebagai sebuah ciptaan baru, yang seharusnya bisa menaklukkan keinginan daging dan hidup oleh Roh. Kehidupan seorang ciptaan baru sudah seharusnya memiliki Roh yang terus berbuah. “Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,kelemahlembutan, penguasaan diri…” (Galatia 5:22-23). Inilah buah-buah Roh yang harus terus kita hasilkan, dan harus semakin ditingkatkan memasuki tahun yang baru.

Malam ini saya berdoa, kiranya saya dan teman-teman sekalian bisa memasuki tahun yang baru dengan lebih baik lagi, seperti ayat berikut: “supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu, dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.” (Efesus 4:23-24). Momen memasuki tahun yang baru hendaknya bisa dijadikan sebuah momentum untuk sebuah perubahan kepada kehidupan dalam Roh yang berkenan di hadapan Tuhan. Mari kita tinggalkan diri kita yang lama dengan kebiasaan-kebiasaan buruk kita, dan masuklah ke dalam masa depan sebagai manusia baru yang terus berbuah lebih lagi. Be more fruitful this year!

Jadilah manusia baru, hiduplah dalam Roh dan teruslah berbuah mulai sekarang

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply