Nyamuk-nyamuk Nakal Menggemaskan

Common Mosquito (Culex pipiens) adult female, feeding, sucking blood from human skin, Italy

“Hai kamu pemimpin-pemimpin buta, nyamuk kamu tapiskan dari dalam minumanmu, tetapi unta yang di dalamnya kamu telan” (Mat 23, 24)

 NYAMUK  itu wujudnya kecil. Namun demikian, nyamuk sungguh mengganggu dan bisa bikin jengkel. Saat badan lelah dan ingin istirahat, nyamuk bikin jengkel dengan ‘nguang-nguing’ di dekat telinga.

Saat berada di daerah Pantura, suasana terasa panas, sehingga orang tergoda membuka jendela. Namun demikian, nyamuk-nyamuk semakin bersukaria masuk ke dalam rumah dan mengganggu kenyamanan orang di depan televisi.

Nyamuk-nyamuk tersebut seperti kelaparan dan haus darah. Nyamuk menyerang siapa saja, entah bayi, anak-anak, rang muda sampai lansia; baik laki-laki maupun perempuan. Kata para ahli, ada jenis-jenis nyamuk yang berbahaya, yang bisa menyebabkan sakit malaria atau demam berdarah.

Banyak orang berusaha agar nyamuk-nyamuk tidak memasuki rumah. Banyak orang memasang kelambu, membeli obat nyamuk, memasang AC dan berbagai cara-cara lain untuk mencegah datangnya nyamuk atau mengusir dan mematikannya.

Nyamuk wujudnya kecil, tapi sungguh mengganggu dan berbahaya bagi hidup manusia. Menepis nyamuk bisa berarti mengusir atau menjauhkan hal-hal yang bisa membahayakan hidup. Tentu ada banyak hal yang bisa membahayakan hidup manusia atau mengancam kehidupan manusia.

Bisa nyamuk dalam arti yang sebenarnya, tetapi juga bisa hal-hal yang lain, seperti: sikap sembrono, ugal-ugalan atau perilaku semau sendiri. Selain itu, menepis nyamuk juga bisa  memberi pesan agar para murid tidak menyepelekan atau menganggap remeh terhadap hal-hal atau orang yang kecil dan sederhana.

Sikap menyepelekan atau mengganggap remeh juga bisa membahayakan kehidupan diri sendiri dan orang lain.

Sebuah pesan yang ditujukan kepada para pemimpin, penguasa atau pemuka masyarakat serta pemuka umat. Teman-teman selamat pagi dan selamat berkarya.

Berkah Dalem.

Krediti foto: Ilustrasi (Courtesy of Healthy Food)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: