Renungan Harian

Kumpulan Renungan Iman Kristiani

Renungan Harian - Kumpulan Renungan Iman Kristiani

“Mukjizat” Pohon Bergambar Bunda Maria di New Jersey, AS

AMERIKA Serikat dikenal sebagai negeri super sekuler. Artinya, orang Amrik sudah sangat lama dan menjadi biasa ‘memisahkan’ anasir-anasir rohani dari yang non-rohani dan cenderung berperilaku profan alias tak suka menghubung-hubungan yang alami, duniawi dengan dunia ‘surgawi’. Makanya mereka cenderung easy going, sangat cuek dengan hal-hal berbau agama.

Namun, kali ini peristiwa langka nan unik yang disebut-sebut sebagai ‘mukjizat’ penampakan Bunda Maria melalui media profan berupa batang pohon mampu sedikit men ggemparkan warga New Jersey, kota besar yang hanya ‘selemparan batu’ dari Hudson di Manhattan, NY. Peristiwanya  terjadi Selasa –atau Rabu pagi waktu Indonesia—ketika di sebuah titik di ruas jalan Bergenline Avenue dan persisnya di sebuah batang kayu pohon Ginko Biloba tiba-tiba muncul sebuah ‘gambar sangat tidak biasa’.

Setelah dicermati oleh beberapa pejalan kaki yang menyusuri Avenue ini, kian jelas bahwa ‘gambar tidak biasa’ itu adalah tampilan “Bunda Maria” dari Guadalupe. Bunda Maria Guadalupe adalah tempat wisata rohani di Meksiko yang sangat populer  di kalangan umat katolik Hispanik keturunan Spanyol.

Meski otoritas Gereja Katolik setempat mengambil sikap sangat hati-hati terhadap ‘pemandangan tidak biasa’ yang menyerupai gambar Bunda Maria Guadalupe ini, namun itu tak menyurutkan umat katolik hispanik terus saja mendatangi tempat ini.

Bahkan, Maria Baez, perempuan hispanik berumur 35 tahun, sudah berniat ingin mendirikan semacam monumen untuk mengenang peristiwa ‘mukjizat’ itu.

Yang lain juga tak mau kalah. Mereka lalu ‘menyelimuti’ batang pohon itu dengan puluhan rosario, menyalakan banyak lilin.

Saking banyaknya kerumunan orang menyemuti lokasi ‘penting’ini, polisi setempat terpaksa memasang barikade dan untuk projek pengamanan ini mereka butuh dana tak kurang seribu dolar per hari untuk jasa pengamanan.

Sejak 10 Juli

Menurut Baez, tanda-tanda adanya ‘mukjizat’ penampakan Bunda Maria Guadalupe itu sudah terbaca sejak tanggal 10 Juli 2012 lalu. Persisnya, ketika  seorang perempuan pejalan kaki yang tengah pulang kerja bernama Carmen Lopez tiba-tiba melihat ‘pendaran cahaya” dan ternyata itu “Bunda Maria!”.

Karena tak mendapat respon positif dari polisi dan walikota New Jersey, maka Baez pun ingin mendapatkan pengalaman sama: melewati ruas jalan itu dan ketika hendak sampai di pohon tersebut, tiba-tiba matanya disilaukan oleh ‘pendaran sinar’ dan itu adalah “Bunda Maria”.

“Ketika saya tiba di tempat itu, kemudian ‘perempuan muda itu lalu berseru: Inilah aku, Bundamu!,” kenang Baez yang mengaku tak bisa berkonsentrasi kerja dan memutuskan meliburkan diri setelah pengalaman rohani tak terduga itu.

“Saya tak bisa berkata-kata,” sambungnya sembari menegaskan yang dia lihat hanya ‘penampakan’ Bunda Maria saja tanpa Kanak-kanak Yesus.

Penampakan itu sangat diyakini oleh Ruben Rafael, pria keturunan Yahudi pensiunan US Navy, yang memercayai penampakan Bunda Maria itu sebagai ‘obat mujarab’ untuk mengobati penyakit sosial berupa kejahatan dan kriminalitas yang telah bertahun-tahun lamanya membebat New Jersey.

Meskipun banyak orang percaya telah terjadi ‘mukjizat penampakan’, namun banyak orang juga meragukan kebenaran berita itu. Bahkan mereka menuding orang yang sengaja menyiarkan berita ‘sensasional’ itu kurang cermat mengamati perubahan fisik pada batang pohon Ginko Biloba.

“Gurat-gurat getah pada kayu itu merupakan hal biasa. Ribuan pohon sejenis juga menampakkan hal itu. Jadi , kalau kemudian diambil kesimpulan rangkaian guratan itu sebagai ‘gambar’ Bunda Maria Guadalupe, itu rasanya lebai banget,” begitu kurang lebih opini kontra yang berkembang di antara warga New Jersey yang berseberangan ide.

Dunia Amerika memang sangat sekuler. Yang menarik justru di tengah aroma kehidupan serba profan dan sekuler itu, hal-hal yang berbau ‘mistik’ pun cukup mendapat tempat di hati mereka.

Sumber dan photo credit: USNews.

Incoming search terms:

0saves
If you enjoyed this post, please consider leaving a comment or subscribing to the RSS feed to have future articles delivered to your feed reader.
Category: Sesawi

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*