Minggu, 4 Januari 2015: HR Epifani, Penampakan Tuhan

epifaniHARI Anak Misioner Sedunia Yes. 60:1-6; Mzm. 72:1-2,7-8,10-11,12-13; Ef. 3:2-3a,5-6; Mat. 2:1-12 … Ketika mereka melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka. Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Merekapun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur… Apa yang […]

epifani

HARI Anak Misioner Sedunia

Yes. 60:1-6; Mzm. 72:1-2,7-8,10-11,12-13; Ef. 3:2-3a,5-6; Mat. 2:1-12

… Ketika mereka melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka. Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Merekapun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur…

Apa yang dapat kita pelajari dari para majus dari Timur? Mereka yang dengan tulus hati mencari Allah dalam hidup mereka! Itulah pelajaran berharga kita. Dalam kisah para majus dari Timur ketulusan hati itu tampak dari keendak mereka untuk memperoleh tujuan mereka, yakni Allah.

Mereka meninggalkan kenyamanan rumah mereka, tanah air mereka, keluarga mereka, bahkan kesejateraan mereka sendiri. Mereka anya mempunyai satu tujuan saja, yang tidak berpusat pada diri mereka sendiri, melainkan semata-mata keinginan untuk berjumpa dengan Allah dalam Yesus Kristus. Keterbukaan hati mereka mengijinkan Alah berbicara kepada mereka melalui berbagai peristiwa hidup, dari astrologi menuju istana Herodes, dan dari bintang menuju Kanak-Kanak Yesus di palungan. Para majus dari Timur membuka dan mempersembakan harta kekayaan mereka kepada Yesus.

Apa yang akan membantu kita menemukan Allah pada hari ini? Kita harus mengesampingkan semua hal lain demi berjumpa dengan Dia dan membiarkan tangan-Nya membimbing kita menuju perjumpaan sejati dengan kehadiran-Nya yang ilahi.

Mari mengikuti jejak para majus dari Timur yang mempercayakan hidup mereka kepada Yesus Kristus. Apa yang dapat kita lakukan? Itu dapat kita lakukan dalam keikutsertaan kita dalam Perayaan Ekaristi, doa, karya dan Adorasi Ekaristi Abadi setiap hari. Di sanalah kita mengalam epifani yang selalu menanti kita.

Tuhan Yesus Kristus, syukur bagi-Mu atas anugerah sempurna berupa pemberian Diri-Mu bagi kami. Engkau datang sebagai Bayi yang Sederhana lahir dari Perawan Maria. Semoga kami mempersembakan diri kami pula kepada-Mu melalui Perayaan Ekaristi, doa, Adorasi Ekaristi Abadi dan dalam diri jiwa-jiwa yang membutuhkan pelayanan kami, kini dan selamanya. Amin.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply