Mgr. Paulinus Yan Olla MSF Menjawab Telepon dari Brazil: “Doakan Saya.” (5)

Mgr. Paulinus Yan Olla MSF sebagai Rektor Biara Skolastikat MSF Sacra Familia Malang. Tampak dalam foto di pertengahan Februari lalu Mgr. Paulinus tengah bersama para Frater MSF Provinsi Kalimantan. (Laurensius Suryono)

HP Mgr. Yan Olla MSF tiada henti terus berdering, sejak tiba di Biara Sacra Familia Malang sepanjang hari Kamis (22/2/18)  malam kemarin. Itu karena banyak kerabat di Malang dengan perasaan sukacita rela datang menyempatkan diri ketemu sekedar mengucapkan selamat atas diangkatnya beliau menjadi  uskup.


Telepon jarak jauh juga datang dari Brazil di Amerika Latin.


Yang menelpon adalah Pater Superior Jenderal MSF  RP Edmund Jan Michalski MSF yang hari-hari ini tengah berkunjung ke Brazil.



Mgr. Paulinus Yan Olla MSF Menjawab “Ya” di Kapel Kedubes Vatikan di Jakarta 15 Februari 2018 (4)


Yang kami dengar di Biara Sacra Familia sepanjang Kamis semalam adalah hal ini:


“Yang penting doakan kami. Itu karena penunjukan uskup itu bukan sebagai promosi jabatan, melainkan suatu tugas pengabdian dan tanggungjawab yang lebih besar daripada sebelumnya,” ungkapnya di gagang HP menjawab semua panggilan telepon.


Datang ke Malang


Mgr. Paulinus Yan Olla MSF pertama kali datang ke Malang untuk menjalankan tugas pengutusan resmi dari Tarekat MSF Provinsi Kalimantan  mulai bulan Januari 2014. Sejak itu pula, beliau langsung melibatkan diri mengajar di STFT  untuk mengampu matakuliah Imam dan Keterlibatan Sosial.


Pada semester Gasal 2014/2015, beliau juga mengajar  mahasiswa S2 untuk matakuliah Imamat; kemudian Etika Politik, Ideologi dan Demokrasi, Teologi Fundamental dan Ajaran Sosial Gereja I.


Di lingkungan internal MSF Provinsi Kalimantan, beliau ditugaskan menjadi Pemimpin Skolastikat Frater-frater MSF di Biara Sacra Familia Malang sebagai Rektor.


Sumbangan STFT Widya Sasana Malang


Dalam beberapa tahun terakhir ini,  STFT Widya Sasana Malang telah menyumbangkan dosen-dosen terbaiknya untuk pelayanan Gereja dengan skup tanggungjawab reksa pastoral dan kepemimpinan Gereja Lokal yang lebih besar.

Juni 2016, STFT Widya Sasana telah dengan jiwa besar ikhlas melepas   Henricus Pidyarto Gunawan O.Carm  dari karier profesionalnya sebagai profesor dan dosen ahli Kitab Suci menjadi  Uskup Dioses Malang.November 2017, Sr Merry Teresa Sri RejekiCarm dari Indonesia  resmi terpilih  menjadi  Pemimpin Umum  ( Jenderal) Kongregasi Para Saudari Perawan Maria dari Gunung Karmel  atau Hermanas Carmelitas (H.Carm.)Akhirnya tanggal 22 Februari 2018, Mgr. Paulinus Yan Olla MSF diangkat menjadi Uskup Diosis Tanjung Selor,

“Ada tenaga yang andal yang mesti boleh dilepas sebagai dosen. Kita memang harus bisa merelakan kehilangan tenaga dosen andal  demi sumbangan kepentingan gereja yang lebih besar,” demikian Mgr. Henricus Pidyarto Gunawan O.Carm  tentang terpilihnya Mgr. Paulinus Yan Olla MSF menjadi Uskup Terpilih untuk Keuskupan Tanjung Selor di Kaltara.  (Berlanjut)


Laurensius Suryono

Umat Paroki Katedral Malang, Jawa Timur.

Sumber: Sesawi

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: