Mgr Agus dalam Misa Krisma: Hari ini giliran kami (para imam) minta doa dari umat

Krisma3

Menjadi gembala umat zaman sekarang, untuk melanjutkan karya pelayanan para rasul, bukanlah hal mudah. Oleh karena itu, para imam perlu mendapat dukungan dan doa dari umatnya, kata Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus Pr di hadapan seluruh umat yang menghadiri Misa Krisma di Gereja Katedral Santo Yosep Pontianak, 28 Maret 2018.

“Hari ini sangat spesial, karena hari ini adalah hari ulang tahun atau pestanya para imam. Maka dari itu, kali ini kami terkesan agak egois, karena khusus hari ini giliran kami yang meminta doa dari umat,” kata Mgr Agus.

Sebanyak 78 imam, baik diosesan maupun religius, yang berkarya di Keuskupan Agung Pontianak hadir dalam Misa Krisma yang dipimpin oleh Mgr Agus yang didampingi Kepala Paroki Santo Agustinus Sungai Raya Pontianak Pastor Yandhie Buntoro CDD, dan Minister Provinsial Kapusin Pontianak Pastor Hermanus Mayong OFMCap.

Menjadi seorang imam, kata Mgr Agus dalam homilinya, diperlukan relasi yang mendalam dengan Tuhan serta iman yang teguh kepada Dia yang telah memilih mereka. “Kita patut bersyukur atas rahmat panggilan khusus ini, terlebih kita yang kecil ini mau dipakai oleh Tuhan untuk menjadi alat-Nya, maka jaga dan rawatlah rahmat panggilan ini,” minta uskup.

Selain berterima kasih kepada Mgr Agus yang memimpin Misa Pembaharuan Janji Imamat serta pemberkatan tiga jenis minyak untuk pelayanan sakramen, Sekretaris Keuskupan Agung Pontianak Pastor Pius Barces CP memberi keterangan bahwa sejak hari Selasa sore hingga Rabu siang 78 imam yang hadir membaharui janji imamat ini mengikuti rekoleksi di Wisma Immaculata.

“Kami atas nama para imam se-Keuskupan Agung Pontianak mengucapkan terima kasih kepada Pastor Yohanes Subagyo Pr, Vikjen KAJ, yang telah membimbing dan membuka wawasan kami untuk semakin menghayati tugas dan pelayanan kami sebagai imam,” kata Pastor Barces.

Tiga jenis minyak yang diberkati adalah Minyak Krisma (sacrum chrisma) untuk memberkati para baptisan, tahbisan diakonat, tahbisan imamat, tahbisan uskup, dan Sakramen Krisma; Minyak Katekumen (oleum catecumenorum) untuk memberkati mereka yang ingin menjadi Katolik (para katekumen); dan Minyak Pengurapan Orang Sakit (oleum infirmorum) yang digunakan untuk memberkati mereka yang dalam kondisi sakit serius atau menjelang ajal. (Suster Maria Seba SFIC)

KrismaKrisma1Krisma2

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: