Mewartakan Sukacita Injil

0
41

markus

Sabtu, 25 April 2015: Pekan Paskah II, Pesta St. Markus, Penginjil
1Ptr 5:6b-14; Mzm 89:2-3,6-7,16-17; Mrk 16:15-20

… Maka pergilah para murid memberitakan Injil ke segala penjuru dan Tuan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya…

HARI ini adalah Pesta St. Markus, Penginjil. Ia hormati di seluruh Gereja. Di antara keempat Penginjil, St. Markus memiliki kisah-kisah yang unik. Kisahnya pendek dan merupakan penulis pertama Injil. St. Mateus dan Lukas mengacu padanya dalam menulis Injil mereka.

Siapakah St. Markus? Ia adalah rekan sekerja St. Petrus dan tampaknya menuliskan Injilnya di Roma, yang menjadi tempat St. Petrus berkarya. St. Markus menulis Injilnya dalam bahasa Yunani. Injil ditulis dan ditujukan untuk para pembaca Umat Kristiani yang berbahasa Yunani pada umumnya dan umat Kristiani di Roma pada khususnya.

Seperti St. Lukas, St. Markus tidak termasuk dalam kelompok dua belas rasul. Ia dipilih oleh Roh Kudus untuk menulis Injilnya meskipun tidak termasuk dalam kelompok dua belas murid Yesus.

St. Markus mengakhiri Injilnya dengan kisah penampakan Yesus kepada para rasul sebelum kenaikan-Nya ke surga. Kata-kata terakhir Yesus kepada para rasul berisi tugas perutusan kepada mereka agar menjadi saksi Injil yakni saksi wafat dan kebangkitan Yesus. Yesus mengutus para murid-Nya untuk mewartakan kabar baik kepada segala makhluk di seluruh dunia. Tugas mereka adalah mewartakan keselamatan kepada segala bangsa.

Dalam Adorasi Ekaristi Abadi, kita juga melaksanakan tugas perutusan agung itu yang oleh Yesus Kristus yang bangkit diserahkan tak hanya kepada para rasul tetapi juga kepada seluruh Gereja. Kita juga diberi tugas untuk mewartakan kabar baik dan menjadi duta Yesus Kristus, Sang Juruselamat dunia.

Tuhan Yesus Kristus, melalui anugerah Roh Kudus, Engkau memenuhi kami dengan roh kemuliaan dan sukacita. Penuhilah kami dengan sukacita kebangkitan dan bantula kami untuk hidup dalam sembah sujud dan syukur bagi kemuliaan-Mu kini dan selamanya. Amin.

Loading...

Tulis gagasan

Please enter your comment!
Please enter your name here