Mewartakan Kebaikan bagi Sesama dalam Pelayanan Rendah Hati

6 Juni RI

Sabtu, 6 Juni 2015
Sabtu Imam Sesudah Jumat Pertama
Tb 12:1.5-15,20; MT Tb 13:2,67,8; Mrk 12:38-44

Yesus Kristus bersabda, “Sesungguhnya janda miskin itu memberi lebih banyak daripada semua orang yang memasukkan uang ke dalam peti persembahan. Sebab mereka semua memberi dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya: semua yang ada padanya, yaitu seluruh nafkahnya.”

Ada dua tema yang dapat kita renungkan dari sabda Yesus dalam Injil hari ini. Pertama, tentang penghayatan keagamaan yang benar. Kedua, tentang persembahan dengan cinta.

Menurut Yesus Kristus, penghayatan agama yang benar ditandai oeh kehendak untuk melayani tanpa egoisme dan mewartakan kebaikan bagi sesama melalui pelayanan dan cinta yang rendah hati. Hal ini terkait dengan yang kita persembahkan kepada Allah dan sesama dengan cinta, hormat dan penghargaan pada orang lain.

Yesus Kristus juga mengajarkan kepada kita tentang pemberian dengan cinta. Cinta tak pernah berhitung. Yesus Kristus memuji janda miskin yang memberikan yang terkecil tak seberapa dari kekurangannya dibandingkan yang diberikan oleh orang kaya dari kelimpahannya.

Dalam Adorasi Ekaristi Abadi kita belajar untuk menghayati hidup keagamaan yang benar dengan melayani Allah dan mewartakan kebaikan kepada sesama dengan pelayanan, kasih, dan doa yang sederhana. Yang kita persembahkan dalam Adorasi mungkin hanya kecil dan tidak pantas. Namun Allah dapat melakukannya dan melalui kita melakukan hal yang lebih besar dari yang kita buat.

Tuhan Yesus Kristus, berilah kami Roh Kudus hingga kami dipenuhi oleh sukacita kehadiran-Na, sukacita penyembahan yang benar, dan sukacita pengorbanan dan kasih kepada sesama. Bebaskan hati kami hingga kami pun memberikan diri pula dengan bebas kepada-Mu dan kepada sesama kini dan selamanya. Amin.

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: