Menyesuaikan Diri dengan Situasi yang Ada

THE INVISIBLE WOMAN 1APA yang akan Anda lakukan ketika Anda berhadapan dengan situasi yang berada dalam lingkungan hidup Anda? Apakah Anda akan memaksakan kehendak Anda? Atau Anda berusaha untuk menyesuaikan kehendak Anda dengan situasi yang ada? Aktris asal Inggris, Felicity Jones (30), butuh waktu dua jam untuk memadupadankan kostum yang cocok untuk dipakai dalam film The Invisible Woman. […]

THE INVISIBLE WOMAN 1

APA yang akan Anda lakukan ketika Anda berhadapan dengan situasi yang berada dalam lingkungan hidup Anda? Apakah Anda akan memaksakan kehendak Anda? Atau Anda berusaha untuk menyesuaikan kehendak Anda dengan situasi yang ada?

Aktris asal Inggris, Felicity Jones (30), butuh waktu dua jam untuk memadupadankan kostum yang cocok untuk dipakai dalam film The Invisible Woman. Film yang menceritakan perjalanan penulis Charles Dickens (Ralph Fiennes) ini masuk menjadi salah satu nomine penghargaan Piala Oscar 2014 untuk kategori Kostum Desain.

Jones memerankan artis muda, Nelly Ternan, yang menjalin hubungan dengan Dickens. Dia mengatakan, selalu memperhatikan desain kostum yang dikenakannya selama proses pembuatan film.

Saat premiere film di Kensington Odeon di London, ia berkata, “Untuk memakai kostum itu dibutuhkan waktu berjam-jam. Desainer kostum Michael O’Connor yang dinominasikan mendapat Piala Oscar memang sangat fenomenal. Dia sangat detail dalam menyiapkan kostum para pemain.”

Film drama ini berlatar belakang tahun 1870-an. Bintang Film Like Crazy ini mengisahkan, “Saya memakai lima rangkap rok, kerangka rok besar, baru dipasangkan rok yang paling luar dan mantel. Saya seperti mau jatuh waktu mengenakan gaun itu, tentu saja sangat memalukan. Untungnya, kostum tidak rusak.”

Itu baru cerita tentang kostum. Beda lagi dengan tantangan berakting sebagai perempuan muda dengan karakter kuat. Jones mengatakan, salah satu tantangannya adalah menangkap karakter Nelly yang tak biasa.

Sahabat, setiap pekerjaan memiliki tuntutan sendiri-sendiri. Orang yang mau berhasil mesti masuk ke dalam tuntutan-tuntutan itu. Kalau tidak mau, orang tidak bisa menjadi bagian dari suatu pekerjaan. Ia akan gagal. Ia tidak mampu menyesuaikan diri dengan suatu pekerjaan.

Kisah tadi memberi kita inspirasi untuk berani berhadapan dengan sesuatu yang baru dan sulit. Felicity Jones tentu saja tidak hanya begitu saja memakai pakaian yang mesti ia kenakan. Tentu ia berusaha untuk menyatu dengan kisah dalam film yang akan ia bintangi. Ia berusaha untuk menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada. Ia tidak memaksakan kehendaknya.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita juga mesti menyesuaikan diri dengan lingkungan di mana kita tinggal. Kita tidak bisas memaksakan kehendak kita terjadi dalam kehidupan bersama. Kalau kehendak kita itu tidak sesuai dengan kehendak umum tentu akan mengalami bentukan. Akan terjadi kekacauan dalam hidup bersama.

Menyesuaikan diri dengan situasi yang ada di sekitar kita tidak berarti kita mengalah begitu saja. Namun hal ini mau mengatakan bahwa kita tetap membawa nilai-nilai yang baik ke dalam hidup bersama. Nilai-nilai yang baik itu kita kemas sedemikian rupa, sehingga tidak berbenturan dengan kepentingan umum.

Untuk itu, yang dibutuhkan adalah usaha terus-menerus untuk beradabtadi dengan lingkungan sekitar di mana kita hidup. Dengan demikian, hidup bersama menjadi suatu kesempatan untuk membahagiakan diri dan sesame. Tuhan memberkati.

Photo kredit: Ilustrasi (Istimewa)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply