Menhub : Tol Cipali Siap Dilewati Pemudik

0
7

cipali-tol_20150613_064656

MENTERI  Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan bahwa jalan tol Cikopo – Palimanan (Cipali) siap dilewati pemudik lebaran tahun 2015/1436H. Jonan berharap kedelapan rest area sudah dapat beroperasi pada H1 – 7 lebaran.

“Harapannya paling kurang pada H1 -7 semua rest area sudah dapat beroperasi, minimal toilet dan tempat ibadah, toilet itu penting,”  kata Jonan saat meninjau kesiapan tol Cipali pada Senin  (29/6).

Menteri Jonan meminta  Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya selaku pengelola Tol Cipali, Hudaya Arryanto, untuk memasang tanda yang jelas di tiap rest area, agar pengemudi yang hendak beristirahat tidak ragu-ragu.

Selain itu, Jonan meminta penambahan lampu jalan di tol tersebut sesuai dengan aturan.

Menyikapi permintaan Menhub, pengelola jalan tol Cipali menyatakan siap mengoperasikan delapan rest area pada H1 -7 lebaran tahun 2015. Bahkan sejumlah gerai makanan dan bengkel mobil sudah banyak yang mendaftar.

Sementara Hudaya Arryanto mengatakan  bahwa dari total delapan rest area, sebanyak empat rest area pada minggu ini SPBU sudah beroperasi. Menurut Arry, penerangan di sepanjang tol Cipali sudah dilengkapi dengan patok pengarah atau guide post.

“Patok pengarah atau guide post telah terpasang di sepanjang jalan tol dan jika malam hari akan tampak seperti runway light/landas pacu di bandar udara”, kata Hudaya Arryanto.

Adapun saat ini yang masih harus segera diselesaikan pembangunannya adalah fasilitas rest area di sepanjang tol Cipali baik yang ke arah Cikopo maupun yang ke arah Palimanan dimana total berjumlah delapan rest area dengan jarak tiap rest area sekitar 25 sampai 30 kilometer.

Potongan Harga

Menyinggung soal tarif tol Cipali, Hudaya Arryanto mengatakan pihaknya akan memberi potongan harga atau diskon pada masa operasi angkutan lebaran.

“Pengelola tol Cipali pada operasi angkutan lebaran tahun 2015 akan beri diskon 25 persen pada pengguna jalan tol Cipali mulai H1 -10 sampai H2 +5 lebaran,” katanya.

Sejak diresmikan Presiden  Joko Widodo (Jokowi) pada Sabtu (13/6), kepadatan  kendaraan  28 sampai 30 ribu kendaraan per hari, yang didominasi kendaraan golongan satu seperti kendaraan pribadi.

Jonan mengingatkan kepada pengelola untuk lakukan antisipasi kemacetan yang diprediksi akan terjadi pada masa operasi lebaran tahun 2015, khususnya pada pintu keluar tol ke arah Jawa Tengah. Kepadatan arus mudik melalui jalan darat Jonan memprediksi terjadi pada H1 -2 sampai dengan H1 -3.

Selain itu Jonan juga meminta pengelola jalan tol Cipali untuk bekerjasama dengan Korlantas, “Kepada pengelola saya sarankan untuk lakukan kerjasama dengan korlantas, ada pengawasan patroli polisi di malam hari sampai subuh khususnya saat operasi lebaran”, ujar Jonan. (Humas Kemenhub/ES)

Loading...

Tulis gagasan

Please enter your comment!
Please enter your name here