Mengenal dan Mencintai Yesus Kristus melalui Ekaristi dan Adorasi

pasca paskah

Rabu, 8 April 2015: Oktaf Paskah
Kis 3:1-10; Mzm 105:1-4.6-9; Luk 24:13-35

… Yesus mengambil roti, mengucap berkat, lalu memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka dan mereka pun mengenal Dia…

FAKTANYA, kematian Yesus membuat para murid-Nya tercerai berai. Harapan dan impian mereka hancur. Menurut St. Agustinus, para murid begitu bingung melihat Yesus mati disalibkan. Mereka lupa sabda-Nya bajwa Ia harus mati dan bangkit. Mereka gagal mengingat janji-janji-Nya.

Sungguh, mereka berharap bahwa Yesus menjadi penyelamat hidup dan bangsa mereka. Makanya mereka melihat salib sebagai kekalahan. Bahkan mereka tidak kunjung paham tentang makam kosong dan pesan kebangkitan-Nya.

Itulah pergumulan iman yang diwartakan kepada kita dalam Injil hari ini. Yesus yang bangkit menampakkan diri kepada murid-murid dalam perjalanan ke Emmaus dan menerangkan kepada mereka peristiwa Yesus yang harus mati dan bangkit. Mereka murung dan kecewa. Yesus menegur mereka bodoh dan lamban hati untuk paham Kitab Suci tentang Mesias yang harus mati dan bangkit. Mereka bahkan tidak mengenali Yesus Kristus yang bangkit hingga saat Yesus memecah roti untuk mereka. Barulah mereka ngeh dan dong, paham, bahwa Yesus telah bangkit.

Kita juga menyadari betapa sering kita gagal mengenal Kristus yang bangkit. Ia mengasihi kita melalui Ekaristi. Ia juga tinggal di antara kita dalam Adorasi Ekaristi Abadi. Di sana Yesus selalu menyapa kita dengan sabda-Nya dan membantu  kita mengerti ajaran-Nya. Mari kita memyembah Dia dengan penuh cinta dan mendengarkan sabda-Nya penuh perhatian. Semoga sabda-Nya mengubah hidup kita hingga kita lahir baru dalam Dia.

Tuhan Yesus Kristus, semoga kami mengenali kehadiran-Mu bersama kami dan memahami sabda kebenaran-Mu yang menyelamatkan hidup kami. Berkatilah kami dengan sabda hidup-Mu dan Roti Hidup yang kami sembah dalam Adorasi Akarisrti Abadi selamanya. Amin.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: