Memperbaiki Relasi yang Rusak dengan Rela Mengampuni

perbaiki hubungan personalBAGAIMANA Anda memperbaiki relasi Anda yang sedang kurang harmonis? Saya yakin, Anda tentu punya berbagai cara. Hubungan Eminem dan ibundanya, Deborah “Debbie” Mathers, sempat bermasalah. Dia bahkan menyindir sang bunda di lagu “Cleaning Out My Closet”, beberapa tahun lalu. Namun, dia menyesal dan meminta maaf atas perbuatannya. Rapper asal Detroit, Amerika Serikat, ini membuktikan hal […]

perbaiki hubungan personal

BAGAIMANA Anda memperbaiki relasi Anda yang sedang kurang harmonis? Saya yakin, Anda tentu punya berbagai cara.

Hubungan Eminem dan ibundanya, Deborah “Debbie” Mathers, sempat bermasalah. Dia bahkan menyindir sang bunda di lagu “Cleaning Out My Closet”, beberapa tahun lalu. Namun, dia menyesal dan meminta maaf atas perbuatannya.

Rapper asal Detroit, Amerika Serikat, ini membuktikan hal tersebut dengan melibatkan Deborah di video klip untuk lagu terbarunya berjudul “Headlights”. Di MV tersebut, dia memeluk sang bunda dan berterima kasih atas perjuangan yang dilakukannya. Lagu ini digarap oleh sutradara yang juga nominasi peraih Oscar, Spike Lee.

Video Klip ini dimulai dengan Deborah yang tengah mendengarkan lagu Eminem di TV. Foto masa lalu Eminem saat remaja pun muncul, ketika dia membuka foto album keluarga. Deborah lalu berusaha menemui Eminem, namun ditolak oleh para pengawal di gerbang rumahnya.

Lagu ini dirilis bertepatan dengan Hari Ibu Amerika Serikat. Headlights juga masuk dalam album Eminem tahun 2013, The Marshall Mathers LP 2. Dalam lagu ini, Eminem berduet dengan Fun’s Nate Ruess.

Spike mengaku sangat tersentuh dengan lirik lagu “Headlights”. Dia juga menilai lagu tersebut menceritakan makna dari sebuah kehidupan.

“Aku sangat suka dengan narasinya, untuk apa yang terjadi di ‘Headlights’. Itu adalah cerita yang sangat bagus. Itu tulus, ada beberapa rasa sakit, tapi itulah kehidupan. Jadi itulah alasannya kita di sini, kembali ke asal, 8 Mile Detroit, syuting di mana semua ini bermula,” kata Spike Lee.

Sahabat, hidup yang kurang harmonis bisa diperbaiki. Sayang, banyak orang merasa bahwa hidup yang kurang harmonis itu lebih baik dihancurkan saja. Akibatnya, relasi semakin memburuk bahkan hancur berantakan. Terjadi perang dingin antarsesama. Saudara bisa menjadi lawan. Bahkan ibu kandung bisa diperlakukan dengan kurang hormat.

Kisah Eminem di atas menjadi sebuah pelajaran yang sangat bermakna bagi kehidupan kita di zaman modern ini. Mengampuni ternyata lebih baik daripada menyingkirkan. Berdamai kembali dengan orang yang terdekat dengan kita ternyata membuahkan kebaikan bersama. Karena itu, kesadaran Eminem untuk berdamai kembali dengan sang ibu merupakan suatu keutamaan yang indah.

Ketika menghadi relasi yang kurang harmonis, banyak orang di zaman sekarang lebih mudah dihancurkan. Mengapa? Karena orang berprinsip bahwa sesuatu yang sudah rusak itu lebih baik dibuang. Seperti barang yang rusak tidak perlu diperbaiki. Orang membuangnya, karena dapat membeli ganti yang baru.

Tentu saja hal seperti ini bukan cerminan orang yang beriman. Orang beriman mesti selalu memperbaiki relasi yang sedang rusak. Relasi yang kurang harmonis mesti diperbaiki, bukannya dihancurleburkan. Mengapa? Karena manusia memiliki hati daging, bukan hati batu yang keras dan beku.

Mari kita terus-menerus membangun kembali relasi yang kurang harmonis di antara kita. Dengan demikian, kita dapat membangun sebuah relasi yang lebih baik dan berguna bagi hidup bersama. Tuhan memberkati.

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply