Membentengi Anak-anak dari Kekerasan Seksual

kekerasan terhadap anak by penelopeAPA yang akan Anda lakukan terhadap anak-anak Anda dalam kondisi di mana sekarang ini marak terjadi pelecehan seksuaal? Saya yakin, Anda akan melindungi mereka. Anda akan membuat program-program preventif bagi mereka. Peran orangtua terhadap tumbuh kembang anak menjadi benteng pertahanan anak untuk terhindar dari tindak kejahatan atau kriminalitas baik sebagai korban maupun sebagai pelaku. Arif […]

kekerasan terhadap anak by penelope

APA yang akan Anda lakukan terhadap anak-anak Anda dalam kondisi di mana sekarang ini marak terjadi pelecehan seksuaal? Saya yakin, Anda akan melindungi mereka. Anda akan membuat program-program preventif bagi mereka.

Peran orangtua terhadap tumbuh kembang anak menjadi benteng pertahanan anak untuk terhindar dari tindak kejahatan atau kriminalitas baik sebagai korban maupun sebagai pelaku.

Arif Satria, Dekan Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor, berkata, “Orangtua hendaknya memberikan perhatian kepada setiap anak dengan penuh, agar segala perubahan perilaku yang dialami anak dapat terdeteksi.”

Arif mengatakan, orangtua juga harus memastikan setiap keluhan anak terkait fisik dan psikologinya. Mereka mesti menanggapinya dengan penuh perhatian dan serius. Mereka mesti mengecek keadaan fisik dan psikis anak setiap pulang sekolah. Mereka mesti memilih sekolah yang dapat memastikan pertumbuhan dan perkembangan anak secara ‘holistic’ berbasis karakter.

Ia menjelaskan, kasus kekerasan terhadap anak usia dini yang marak diberitakan saat ini tidak hanya terjadi di sekolah internasional di Jakarta, tetapi beberapa sekolah.

Sahabat, beberapa pekan terakhir pada bulan April yang lalu, kita dikejutkan oleh peristiwa kekerasan seksual terhadap anak-anak. Peristiwa ini tidak hanya terjadi di kota besar seperti Jakarta. Namun terjadi juga di banyak tempat di negeri ini. Bahkan ada seorang peleceh seksual atau pedofil melakukannya terhadap lebih dari seratus anak.

Pertanyaannya, apa yang sebenarnya terjadi dalam diri para pedofilia itu? Tentu saja hal ini merupakan suatu kelainan seksual yang mesti diwaspadai oleh semua orang. Apalagi oleh anak-anak yang sedang bertumbuh dan berkembang. Kepribadian anak-anak yang menjadi korban pelecehan seksual ini pasti mengalami keguncangan.

Setelah peristiwa-peristiwa itu terjadi, apa yang mesti dilakukan oleh para orangtua? Kiranya hal yang sangat penting adalah pendampingan para orangtua bagi anak-anak mereka. Kalau orangtua menyadari bahwa anak-anak adalah warisan masa depan mereka, maka semestinya mereka memberikan perlindungan bagi anak-anak mereka.

Anak-anak mesti mendapatkan perhatian yang sangat instens. Mengapa? Karena anak-anak membutuhkan kesempatan untuk membangun hidup dan karakter mereka. Anak-anak membutuhkan waktu dari orangtua mereka untuk mengajari mereka hal-hal yang baik dan benar dalam kehidupan ini.

Soalnya adalah banyak orangtua merasa terlalu sibuk dengan pekerjaan-pekerjaan mereka. Banyak orangtua yang menyerahkan pengasuhan anak-anak mereka kepada pengasuh atau baby sitter. Akibatnya, mereka sendiri kurang mengenal pribadi anak-anak mereka. Mereka kurang tahu apa yang sedang terjadi dengan anak-anak mereka.

Sebagai orang beriman, kita ingin membantu anak-anak yang sedang bertumbuh dan berkembang untuk meraih cita-cita yang mulia. Anak-anak adalah masa depan bangsa dan Negara ini. Karena itu, mereka mesti selalu mendapatkan prioritas dalam perhatian dan kasih yang lebih mendalam.

Mari kita terus-menerus melindungi dan mencegah setiap perbuatan jahat terhadap anak-anak kita. Dengan demikian, mereka dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk meraih cita-cita mereka. Tuhan memberkati.

Kredit foto: Ilustrasi

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply