Matilda, Si Gadis Kecil Jenius

FILM Matilda (1996) merupakan saduran dari novel anak-anak karya Roald Dahl dengan judul yang sama. Buku setebal 232 halaman tersebut terbit pada tahun 1988 di London, Inggris.

Film ini setia mengikuti hampir semua alur dalam novelnya. Disutradarai oleh Danny DeVito yang juga sekaligus berperan sebagai ayah Matilda. Sementara, Matilda, si gadis kecil jenius, diperankan oleh Mara Wilson.

Dikisahkan Matilda kecil yang lahir sebagai anak bungsu dari dua bersaudara di keluarga kelas menengah di Inggris. Ayahnya seorang penjual mobil bekas yang sangat ulung, namun juga terbilang lihai dalam mengolah kelicikan. Sementara, ibunya sehari-hari hanya menghabiskan waktunya demi bersenang-senang sendiri. Abangnya terbilang seorang tukang makan yang tidak begitu sayang dengan adiknya.

Namun, ketiganya punya hobi yang sama yaitu nonton TV dan makan junk food. Mereka tidak bisa mengerti hobi Matilda, si kecil pintar yang suka membaca buku. Dia seakan terasingkan dalam keluarganya sendiri.

Menemukan kediriannya
Akhirnya Matilda menemukan orang dewasa yang bisa memahaminya ketika dia mulai bersekolah. Guru wali kelasnya, Jennifer Honey yang sederhana dan suka anak-anak. Hanya saja kepala sekolahnya, Agatha Trunchbull merupakan seorang yang kejam, menerapkan hukuman fisik keras kepada anak-anak yang dianggapnya bersalah.

mathilda 2

Matilda yang menjadi dekat dengan Jennifer Honey akhirnya tahu hubungan keluarga antara gurunya dengan kepala sekolahnya yang sadis. Agatha Trunchbull merupakan saudari tiri dari ibu Jennifer, dia menjadi walinya ketika ayah Jennifer meninggal sewaktu dia seusia Matilda, sedangkan ibunya telah meninggal ketika Jennifer berusia dua tahun.

Agatha yang culas menguasai segala harta yang ada dan membuat Jennifer keluar dari rumah besar peninggalan ayahnya. Mendengar cerita sedih tersebut, Matilda bertekad membalas kejahatan Agatha dan merebut kembali hak milik Jennifer.

Dengan kemampuan telekinetik yang dimilikinya, Matilda seakan memunculkan arwah ayah Jennifer yang meminta pertanggungjawaban kepada Agatha. Taktik itu berhasil membuat Agatha ketakutan dan melarikan diri dari kota kecil tersebut.

Jennifer mendapatkan kembali haknya. Di akhir cerita, Matilda menjadi anak angkat Jennifer dan tinggal bersamanya, sedangkan orangtua dan abangnya melarikan diri keluar negeri karena ayahnya diburu polisi yang mengungkap penipuan atas mobil-mobil yang dijualnya.

Film ini menarik ditonton walaupun tidak sebagus novel lain Roald Dahl yang juga difilmkan yaitu Charlie and The Chocolate Factory. Tempo yang lebih lamban dan setting plot yang lebih sederhana membuat film ini kalah kelas. Tetapi tetap menawarkan banyak nilai menarik terutama pembelajaran bagi anak-anak.

 

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: