Materai

Ayat bacaan: Wahyu 7:3
======================
“katanya: “Janganlah merusakkan bumi atau laut atau pohon-pohon sebelum kami memeteraikan hamba-hamba Allah kami pada dahi mereka!”

materai Allah

Fungsi sebuah materai dalam legalitas cukup penting. Sebuah surat yang memuat jumlah uang lebih dari Rp 1 juta rupiah atau dengan mata uang lainnya dengan jumlah minimal yang sama memerlukan materai. Apakah surat itu menyebutkan penerimaan uang, penyimpanan atau pembukuan uang, akta yang dibuat oleh notaris atau juga surat pengakuan hutang/piutang, jika informasinya melebihi total dengan nominal di atas memerlukan sebuah materai agar memiliki kekuatan hukum. Terutama apabila surat tersebut nantinya dipergunakan sebagai alat bukti di pengadilan, surat haruslah dilunasi dulu bea materainya.

Tuhan pun ternyata menganggap penting fungsi materai. Materai dalam Alkitab berbicara mengenai tanda kepemilikan. Selain itu juga berbicara mengenai perlindungan. Perhatikanlah ayat bacaan hari ini menjelaskan bahwa penghukuman Allah baru akan dilaksanakan setelah malaikat memberikan tanda materai pada dahi semua suku keturunan Israel. Dalam kitab Perjanjian Lama kita diingatkan tentang tanda darah yang harus dioleskan pada ambang atas dan kedua tiang pintu sebelum malaikat Allah mengambil nyawa setiap anak sulung, baik manusia maupun hewan. Kisah ini kita jumpai pada masa bangsa Israel ada di bawah pimpinan Musa. Dan dengan demikian tulah tidak akan terkena pada pintu-pintu yang ditandai dengan darah dari seekor anak domba jantan. “Dan darah itu menjadi tanda bagimu pada rumah-rumah di mana kamu tinggal: Apabila Aku melihat darah itu, maka Aku akan lewat dari pada kamu. Jadi tidak akan ada tulah kemusnahan di tengah-tengah kamu, apabila Aku menghukum tanah Mesir.” (Keluaran 12:13). Hal ini berbicara mengenai perlindungan Allah kepada umatNya.

Hari-hari ini dunia dilanda kecemasan dari berbagai hal. Kecemasan dari segi ekonomi, politik, keamanan, isu-isu rasialisme dan penindasan minoritas dan sebagainya. Baik miskin atau kaya, rasanya semua manusia di bumi ini memiliki permasalahannya sendiri dan dicekam kecemasan akan setiap permasalahan yang ada tersebut. Beberapa hari ini saya tengah berhadapan dengan sebuah kekhawatiran yang cukup menyita pikiran. Dan tadi malam ketika saya berdoa, Tuhan mengingatkan saya pada kata “materai”, yang kemudian saya tulis menjadi renungan hari ini. Seperti halnya Tuhan mengingatkan saya, sayapun ingin mengingatkan teman-teman bahwa Tuhan telah memberikan anda materai yang menjadi tanda jaminan bagi Allah untuk mengenali milikNya. Lihat apa yang tertulis pada Efesus 1:13-14. “Di dalam Dia kamu juga–karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu–di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimateraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu. Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.” Itu artinya Allah pun telah menyediakan perlindunganNya kepada kita.

Allah sanggup melindungi anda beserta keluarga anda. Dalam keadaan dunia seperti apapun, lingkungan yang tidak sehat, atau jika anda berada di tengah orang-orang yang setiap saat bisa mempengaruhi anda pada dosa, ingatlah bahwa Tuhan telah memberikan tanda di diri anda untuk dilindungi. Serahkanlah segala permasalahan, diri anda dan keluarga anda ke dalam tangan Tuhan, karena Dia mampu menjaga kita semua. Walaupun kita hidup bercampur dengan orang lain yang mungkin memberi pengaruh buruk atau menyebabkan kekhawatiran dalam hidup, yakinlah bahwa Tuhan mampu membedakan kita dari mereka. Ada materai Allah dalam diri kita, yang tidak hanya menjadi tanda kepemilikan dari Allah tapi juga sebagai sebuah jaminan perlindungan dariNya. Bukankah itu luar biasa!

Kita adalah anak-anak Allah yang berharga di mataNya sehingga kita telah dimateraikan sebagai milikNya yang pasti Dia lindungi

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Comment