Maria: Bintang Timur

0
41

bundamaria

“Kami memuji Dikau, Bintang Timur Maria, terpujilah Maria, Salam Maria. Berkatilah, ya Bunda, segala karya bakti kami. Jadilah, ya Bunda, bintang penghantar.”

SEBAGIAN  orang mungkin cukup familiar dengan penggalan lagu di atas, namun sebagian lain tidak. Sepenggal lagu di atas merupakan lagu Bintang Timur yang dinyanyikan oleh Lisa A. Riyanto. Dalam penggalan lagu ini, terkandung kata ‘Bintang Penghantar’ yang merupakan penggambaran dari sosok Bunda Maria yang berperan sebagai penghantar kita umat manusia kepada anak-Nya, Yesus Kristus.

Per Mariam Ad Iesum
Itulah itu berarti melalui Bunda Maria menuju merupakan hal yang sudah tidak asing lagi bagi umat katolik. Kehadiran Bunda Maria bukanlah untuk mempersulit, namun membantu kita untuk sampai kepada Yesus dengan lebih mudah. Kedekatan Maria dengan Yesus merupakan keuntungan bagi kita. Bunda Maria merupakan sosok teladan bagi umat kristiani. Hal itu dibuktikan dengan kisah hidupnya yang penuh ketaatan iman berserah pada Allah Bapa.

Kesungguhan Hati
Ada tertulis dalam Pengkhotbah 12: 1 yang berbunyi Ingatlah akan Penciptamu pada masa mudamu, sebelum tiba hari-hari yang malang dan mendekat tahun-tahun yang kau katakan: “Tak ada kesenangan bagiku di dalamnya!”

Ayat ini mengandung makna yang luar biasa dalam kehidupan peziarahan umat manusia di bumi. Layaknya bunda Maria yang senantiasa taat dan melaksanakan kehendak Allah Bapa di sepanjang hidupnya. Teladan inilah yang dapat dicontoh dan dihayati oleh umat kristiani, khususnya kaum muda.

Tidak perlu melakukan hal besar untuk menggenapi penggalan ayat tersebut. Hal sederhana yang dapat kita lakukan setiap harinya yaitu dengan mengucap syukur. Bersyukurlah untuk apa pun itu, untuk hari yang baru, kegiatan di setiap harinya, makanan yang dapat dimakan, hari yang menyenangkan, pacar baru, hal yang menjengkelkan, bahkan sesuatu yang membuatmu kecewa…….apa pun itu.

Karena dengan bersyukur, kita dapat menyadari satu hal yang penting. Apa pun yang terjadi, Tuhan selalu mendampingi kita dan bekerja dengan cara yang luar biasa di setiap karya pelayanan kita. Maka jangan lupa untuk bersyukur, karna dengan bersyukur hidup kita akan menjadi lebih bahagia, percayalah.

Sumber: Handoko, PM 2014, Maria: Perawan dan Bunda, Dioma Press, Malang

Loading...

Tulis gagasan

Please enter your comment!
Please enter your name here