Mana yang Lebih Berharga: Mata atau Kakimu?

hidup berharga by live action“Dan kalau ia telah menemukannya, ia memanggil sahabat-sahabat dan tetangga-tetangganya serta berkata: Bersukacitalah bersama-sama dengan aku, sebab dirhamku yang hilang itu telah kutemukan.” (Luk 15, 9) DIRHAM  yang hilang telah ditemukan. Dirham merupakan mata uang emas di daerah Persia, seberat 8 gram. Berapa pun harganya, mata uang adalah sesuatu yang bernilai. Berapapun beratnya, yang namanya […]

hidup berharga by live action

“Dan kalau ia telah menemukannya, ia memanggil sahabat-sahabat dan tetangga-tetangganya serta berkata: Bersukacitalah bersama-sama dengan aku, sebab dirhamku yang hilang itu telah kutemukan.” (Luk 15, 9)

DIRHAM  yang hilang telah ditemukan. Dirham merupakan mata uang emas di daerah Persia, seberat 8 gram. Berapa pun harganya, mata uang adalah sesuatu yang bernilai. Berapapun beratnya, yang namanya emas juga merupakan barang yang berharga. Biasanya orang akan menyimpan dengan cermat sesuatu yang berharga dan bernilai. Hal-hal tersebut tidak akan ditaruh di sembarang tempat.

Sesuatu yang bernilai dan berharga selalu dicari dan diincar oleh banyak orang. Bahkan banyak orang bisa berebut dan bersaing untuk mendapatkannya, seperti halnya kaum Adam yang bersaing untuk merebut hati putri Ibu Susi, Nadine Kaiser.

Dengan berbagai cara, orang berusaha mendapatkan sesuatu yang bernilai dan berharga, termasuk dengan cara yang tidak benar dan tidak baik. Sikap sembrono dan tidak cermat bisa membuat hilang sesuatu yang bernilai dan berharga. Kehilangan yang membuat pemilik merasa sedih dan gelisah serta berusaha mencari dan menemukannya, seperti seorang gembala mencari dombanya atau seorang ibu mencari dirhamnya yang hilang.

Banyak cara ditempuh dan banyak usaha dilakukan, termasuk meninggalkan kawanan domba lain yang banyak jumlahnya. Sesuatu yang bernilai dan berharga tentu tidak hanya terbatas pada dirham, mata uang, emas, domba atau barang lain. Setiap orang tentu mempunyai sesuatu yang berharga di dalam dirinya.

Mata merupakan sesuatu yang berharga dan bernilai, karena tanpa mata, orang tidak akan menikmati gambar atau pemandangan indah. Kaki merupakan sesuatu yang berharga dan bernilai, karena tanpa kaki, orang akan sulit untuk pergi ke suatu tempat tertentu.

Banyak hal yang sungguh berharga dan bernilai serta harus dijaga dengan baik. Sejauh mana saya pernah kehilangan sesuatu yang berharga dan bernilai di dalam hidupku? Saat ini, adakah sesuatu yang berharga dan bernilai telah hilang dari dalam diri atau komunitas?

Sukacita akan membuncah, saat orang menemukan kembali sesuatu yang baginya sungguh bernilai dan berharga, tetapi hilang entah kemana?

Teman-teman selamat pagi dan selamat berkarya. Berkah Dalem.

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply