Liku-liku Silsilah Kelahiran Yesus

Family tree

Hari Kelahiran Bunda Maria
INILAH silsilah Yesus dari Matius 1:1-16.18-23.

Pesta Kelahiran Bunda Maria memang tidak tercatat dalam Kitab Suci, tetapi yang jelas bunda Maria pernah hidup di dunia. Santo Mateus mencoba membuat silsilah mengenai leluhur dan nenek moyang Yesus, tetapi silsilah yang aneh (dengan cara tak biasa), karena pada akhir silsilah yang disebut adalah Yusuf suami Maria.

Hal ini hanya menunjukkan bahwa Yesus itu Putera Perjanjian sejak dari Bapa Abraham dan seterusnya sampai Raja Daud, sehingga Yesus disebut Anak Daud (keturunan Daud).

Hal yang aneh lagi adalah bahwa dalam Silsilah itu ada nama-nama yang bukan Yaudi, sehingga orang bisa bertanya apakah Yesus keturunan bukan Yahudi, misalnya: Tamar orang Kanaan yang menyamar sebagai wanita asusila (Kej 38:1-30), Rahab, asal Yeriko seorang tunasusila profesional ( Yos 2:1-24); Betsyeba orang Het yang diambil oleh Daud, meski sudah bersuamikan Urias ( 2 Sam 11:1-27). Dan juga Rut, janda berasal dari Moab mendekati Boas dengan cara tak biasa (Rut:3:1-15 dan 4:13-17).

Memang dari urutan silsilah bisa pas, sehingga Yesus benar-benar keturunan Daud. Namun Matius secara jeli mau menampilkan Yesus benar-benar datang dari Allah, maka ia menampilkan Maria yang akhirnya melahirkan Puteranya dari Roh Kudus, lewat perwahyuan dari malaikat yang disampaikan kepada Yosef. Dengan demikian menjadi jelas bahwa Yesus itu yang kudus dari Allah, meskipun lahir dengan perantaraan Bunda Maria.

Jalan yang tidak biasa ini ternyata menjadi sarana perwujudan keselamatan Allah. Jalan semacam ini ternyata banyak terjadi dalam sejarah keselamatan, untuk menunjukkan bahwa sejarah keselamatan bukan dikendalikan oleh manusia, tetapi oleh Allah sendiri. Maria dan Yosef menerima rencana Keselamatan dari Allah yang tidak biasa ini.

Maria yang tetap perawan ini menerima kehadiran Yesus dengan menjawab: “Aku ini hamba Tuhan, terjadilah padaku menurut perkataanMu” Dan Yosef menerima perwahyuan dari Tuhan itu dengan berbuat seperti yang diperintahkan oleh malaikat Tuhan. Ini berarti bahwa Yosef menerima jabatan dari Allah sebagai orangtua asuh dari Yesus yang lahir perawan Maria.

Dan peran ini diterima oleh Yosef dengan sepenuh hati. Sedangkan Maria menerima tugas sebagai ibu Yesus dengan sepenuh iman. Hal ini hanya mungkin terjadi karena ibu Maria juga sudah dipersiapkan oleh Tuhan dalam Sejarah Keselamatan.

Dalam hidup kita pun kadang terjadi bahwa melalui jalan tidak biasa, yang aneh atau yang ganjil dipakai oleh Tuhan untuk mendatangkan rahmatNya baik bagi diri kita sendiri maupun bagi orang lain.

Kredit foto: Ist

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: