Lentera Keluarga: Sabtu, 26 Agustus 2017 – Buah Kebaikan


Bacaan: Rut 2:1-3.8-11;4:13-17; Mzm 128:1-5; Mat 23:1-12.


Renungan


Kebaikan Ruth kepada Naomi ternyata membuatkan kebaikan bagi dirinya sendiri. Iapun mendapatkan belaskasihan dari Boas secara luar biasa, walaupun ia adalah orang asing di negeri Israel. Sampai pada akhirnya iapun dipilih Boas menjadi isterinya dan kelak cucunya akan menjadi seorang raja besar yaitu Daud. Kerena kebaikan Ruth itu, para wanita berkata kepada Naomi : “dia lebih berharga bagimu daripada tujuh anak laki-laki”.


Kebaikan dan kesetiaan yang sedikit kita berikan kepada orang lain pada masa lalu, kadang berbuah begitu rupa di luar dugaan kita pada masa sekarang. Perbuatan kecil yang biasa seperti memberi makan, menampung orang yang tidak mampu, memberikan bantuan sekolah, dll yang mungkin menurut kita biasa dan sudah kita lupakan, di kemudian hari dapat berbalik kepada kita sendiri bahkan dengan cara yang tak terduga. Itu terjadi karena orang mempunyai kenangan akan kita.


Dalam hubungan keluarga,  bantuan-bantuan kecil yang kita lakukan kepada pasangan kita – anggota keluarga kita seperti menemani pada waktu sakit, mengantar belanja, mendoakan, mengajari anak belajar, menemani anak bermain sepak bola, dll dapat mempunyai dampak besar bagi pribadi yang bersangkutan, bahkan menjadi kenangan bahwa mereka merasa berharga. Pada suatu saat, ketika anak-anak kita sudah dewasa, iapun dapat berkata kepada orang lain “saya bangga dan kagum dengan orang tua saya”. Di masa tua kita, kita tidak akan kehilangan anak-anak, tetapi justru sebaliknya, kita justru mendapatkan kasih dari mereka secara luar biasa.


Kontemplasi


Gambarkan bagaimana kebaikan Ruth dibalas oleh Allah dengan cara yang luar baisa.


Refleksi


Apakah aku belajar setia dan tekun dalam melakukan kebaikan kepada orang-orang lain?


Doa 


Ya Bapa, terima kasih atas anugerah yang tak teduga yang boleh aku terima dalam hidupku karena aku melakukan kebaikan yang kecil bagi sesamaku. Amin.


Perutusan


Aku tekun melakukan kebaikan dalam hal-hal sederhana kepada anggota keluargaku.


Kredit foto: Ilustrasi (Ist)


Romo Aristanto MSF

Imam anggota Kongregasi Misionaris Keluarga Kudus (MSF) dan tinggal di Skolastikat MSF di Banteng, Yogyakarta.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: