Senin, 26 Maret 2018.
Bacaan: Yes 42:1-7; Mzm 27:1.2.3.13-14; Yoh 12:1-11


Renungan:


YOHANES mengisahkan syukuran kebangkitan Lazarus, pengurapan kaki oleh Maria dan makan malam sabat (7 hari sebelum paskah) sebagai sebuah peristiwa “sakramental” yang menunjuk pada kebangkitan Yesus, kematian Yesus (pengurapan kaki-sebagaimana Yesus membasuh kaki muridNya dan juga awal dari sebuah perawatan jenazah) dan perjamuan paskah Yesus dengan para muridNya.  Sikap Maria yang memberikan tanda sakramental itu dinilai berbeda oleh Yudas yang berpikir mengenai “keuntungan” (dengan dalih untuk orang miskin). Sikap Maria menerima “sengsara dan wafat Yesus” dan ingin memberikan penghormatan terkahir kepadaNya dengan kasih yang luar biasa.  Yudas “menolak” dengan dalih sebuah keuntungan “mulia”. Kembali boleh dikatakan “Maria telah memilih bagian yang terbaik”.


Pada masa prapaskah ini bersama Maria kita ingin mempersembahkan yang terbaik dalam hidup kita untuk mendampingi Tuhan masuk dalam sengsara dan wafat serta kebangkitanNya. Masa pekan suci adalah masa previlogi, yang setiap tahun benar akan terulang, tetapi tidak boleh dibiarkan begitu saja oleh pengabaian kita. Masa ini menjadi kesempatan bagi kita untuk merenungkan firman Tuhan secara lebih tekun, mengikuti perayaan ekaristi, mengikuti Tri Hari Suci dengan waktu dan hati yang terbaik. Tuhan telah memberikan yang terbaik bagi kita; maka kita juga berikan waktu, konsentrasi, tenaga untuk berada bersama dengan Yesus. Hendaknya seperti Maria, kita memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari kita.


Bagi kita keluarga, ingatlah bahwa hidup kita terbatas. Kasihilah orang-orang yang dekat dengan anda secara istimewa, karena mereka tidak selalu ada bersama dengan kita.


Kontemplasi


Gambarkan bagaimana Maria memberikan yang terbaik dan istimewa kepada Yesus menjelang sengasa dan wafatNya.


Refleksi


Apakah aku juga memberikan waktu dan hidupku yang terbaik untuk menjalani pekan suci terutama tri hari suci mendatang? Apa yang de fakto telah kupersembahkan bagi Yesus selama minggu ini?


Doa


Ya Bapa, kubaktikan dan kukhususkan hari-hari suci ini untuk memberikan waktu dan hati yang terbaik menemani Yesus, PuteraMu dalam sengsara, wafat dan kebangkitanNya. Amin.


Perutusan


Tekunlah dalam mempersiapkan batin dan mengikuti pekan suci ini dengan waktu dan hati yang terbaik. https://www.youtube.com/watch?v=TqYfz4y2gDw


Kredit foto: Ilustrasi (Ist)


Romo Aristanto MSF

Imam anggota Kongregasi Misionaris Keluarga Kudus (MSF) dan tinggal di Skolastikat MSF di Banteng, Yogyakarta.

Sumber: Sesawi

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.