Lentera Keluarga – Iman akan Kebangkitan


Minggu, 1 April 2018. Hari Raya Paska.


Bacaan: Kis 10:34a.37-43; Mzm 118:1-2.16ab-17.22-23; Kol 3:1-4;Yoh 20:1-9.


Renungan:


PERLU cukup waktu bagi Petrus untuk percaya. Tepat setelah kebangkitan Tuhan, karena informasi Maria Magdalena bahwa “Tuhan telah ambil orang dari kuburNya..” , Petrus bersama murid yang lain berlari ke kubur. Di antara ketiga pribadi itu Petruslah yang  melihat paling dengan detail:  ia ke dalam, melihat kain kafan terletak di tanah, kain peluh yang tergulung. Walaupun melihat data detail, Injil Yohanes mengatakan bahwa mereka belum mampu memahami kebangkitan Tuhan. Sebaliknya dalam kunjungannya ke Kornelius, Petrus menunjukkan iman akan kebangkitan itu dengan melihat lagi pengalaman hidupnya bersama Yesus baik sebelum kebangkitan maupun sesudah kebangkitan serta pemahamannya mengenai Kitab Suci.


Untuk sampai percaya bahwa “Tuhan telah bangkit”,  kita tidak cukup berpangkal pada data dan penelitian obyektif. Kita perlu  rahmat Allah, memahami kehidupan Yesus dengan sungguh dan mendalami isi Kitab Suci. Sampai sekarangpun, kadang masih ada orang-orang kristen yang sudah dibaptis dan aktif dalam kehidupan menggereja masih ragu. Keraguan ini wajar karena kita kurang akrab dengan hidup Yesus dan jarang mendalami isi Kitab Suci.  Kalau kita percaya bahwa apa yang difirmankan, diperbuat dan dilakukan oleh Tuhan itu benar, maka pewartaan mengenai kebangkitanNya adalah benar. Sebaliknya kalau kita tidak percaya pada kebangkitan Tuhan, maka secara tidak langsung itu sama dengan kita sudah tidak lagi percaya apa yang difirmankan, dihidupi dan dilakukan oleh Tuhan; artinya  semuanya itu tidak benar.


Lalu bagaimana membuktikan atau menguatkan kebenaran iman bahwa Tuhan bangkit? Jawabannya ada dua: pertama adalah mohon rahmat iman karena itu anugerah Allah dan  yang kedua adalah akrabi hidup Yesus dan Kitab Suci.


Kontemplasi


Gambarkan bagaimana perubahan yang dialami Petrus pada waktu di makam dan ketika ia bertandang ke rumah Kornelius.


Refleksi


Apakah aku masih mengalami keraguan iman akan Yesus? Apakah aku menumbuhkan imanku dengan hidup akrab dengan Yesus dan Kitab Suci?


Doa


Ya Bapa, anugerahkanlah rahmat iman dan ketekunan untuk akrab dengan hidup Yesus dan Kitab Suci.


Perutusan


Akrabilah hidup Tuhan dan dalamilah itu melalui Kitab Suci



Selamat mengalami Paska dan hidup dalam semangat kebangkitan.


Kredit foto: Ilustrasi (Ist)


Romo Aristanto MSF

Imam anggota Kongregasi Misionaris Keluarga Kudus (MSF) dan tinggal di Skolastikat MSF di Banteng, Yogyakarta.

Sumber: Sesawi

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.