Kosong Mlompong

kekosongan by Taya Malaki“Walaupun dalam rupa Allah tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri dan mengambil rupa seorang hamba dan menjadi sama dengan manusia” (Fil 2, 6-7). Sebuah lirik lagu mengatakan, ‘Pernahkah kau merasa hatimu hampa. Pernahkah kau merasa hatimu kosong?’ Hampa atau kosong merupakan kenyataan yang biasa dialami […]

kekosongan by Taya Malaki

“Walaupun dalam rupa Allah tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri dan mengambil rupa seorang hamba dan menjadi sama dengan manusia” (Fil 2, 6-7).

Sebuah lirik lagu mengatakan, ‘Pernahkah kau merasa hatimu hampa. Pernahkah kau merasa hatimu kosong?’

Hampa atau kosong merupakan kenyataan yang biasa dialami banyak orang. Orang pulang kerja dan menemukan rumahnya kosong, meja makan jg kosong, kulkas jg kisong. Saat mau belanja, orang menemukan dompetnya yang kosong.

Di Baturaden, banyak penginapan memasang tulisan ‘kamar kosong’. Kekosongan bisa ditemukan di banyak rumah, ruang atau tempat lain. Bahkan hidup manusia pun bisa mengalami kekosongan atau kehampaan hidup, seperti  terungkap dalam lirik lagu tersebut.

Ada saatnya orang perlu mengosongkan diri. Seorang murid harus mengosongkan diri agar bisa menerima ilmu dari gurunya. Ini banyak terdapat dalam film silat atau kungfu. Kosong atau hampa merupakan kenyataan, dimana sesuatu atau seseorang tidak mempunyai isi atau barang lain di dalamnya. Yesus pun telah mengosongkan atau menghampakan diri.

Artinya Yesus tidak memenuhi dirinya dengan  berbagai macam hal, seperti  status sebagai Putera Allah, kuasa dan hal lain. Bahkan keinginan dan kepentingan diri pun dikosongkan. Hal ini berbeda dengan manusia lain, yang cenderung memenuhi dirinya pikiran culas dan jahat, berbagai keinginan yang tidak teratur, nafsu liar akan berbagai kenikmatan, ambisi terhadap kuasa dan jabatan serta hal yang lain.

Karena berbagai hal tersebut, banyak orang tidak lagi punya ruang kosong dalam dirinya. Ruang dimana Allah bisa hadir, Sabda yang memperkaya hidup rohani, keutamaan yang terbatinkan, kebijaksanaan yang mengarahkan pd sikap yang baik dan benar. Pesta Salib Suci merupakan ajakan bg para murid utk mengosongkan diri dr berbagai macam hal yang jahat dan tidak baik, agar punya ruang bagi Allah.

Teman-teman selamat pagi dan selamat berhari Minggu. Berkah Dalem.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply