Komisi HAAK KAJ Luruskan Info Medsos, Imbau Umat Katolik Rayakan Paskah 2018 di Gereja

Komisi HAAK KAJ tentang klaim sepihak mengenai rencana Paskahan 1 April 2018 di Monas. (Ist)

KOMISI Hubungan Antar Agama dan Kemasyarakat Keuskupan Agung Jakart (HAAK – KAJ) ingin meluruskan info  simpang siur yang telah beredar di jalur medsos. Di situ dikatakan bahwa enam Aras Gereja di DKI Jakarta –khususnya Komisi HAAK KAJ- ikut mendukung program acara Paskahan di Lapangan Monas pada hari Minggu tanggal 1 April 2018.


Padahal yang senyatanya telah terjadi adalah bahwa info  dan klaim itu dirilis secara sepihak.


Menanggapi postingan sebuah akun medsos yang mengklaim ‘kebenaran’ informasi yang datang secara sepihak tersebut, dengan ini Komisi HAAK  KAJ menyatakan sebagai berikut:

Pada tanggal 28 Maret 2018 lalu telah terjadi pertemuan Pimpinan Aras (PGIW, PBI, Komisi HAAK KAJ, PGLIIW, GOI ) dengan GBI Glow di PGIW dengan beberapa kesimpulan berikut ini.Perayaan Paskah tanggal 1 April 2018 di Monas itu adalah perayaan internal di kalangan Umat Gereja GBI Glow.Seluruh umat Kristiani denominasi lain dan  Umat Katolik –seperti yang sudah menjadi tradisi kita bertahun-tahun—tetap akan merayakan Hari Raya Paskah di gereja parokinya masing-masing; bukan di tempat lain.Para Pimpinan Aras dan Komisi HAAK KAJ baru merencanakan agenda Perayaan Paskah Bersama Umat Kristiani  setelah tanggal 1 April 2018.

Komisi HAAK KAJ


Berikut ini isi seluruh konferensi pers enam Aras Gereja di DKI Jakarta sebagaimana kami dapatkan dari Ketua Komisi HAAK – KAJ Romo Suyadi Pr.


Isi press release 6 Aras Gereja di DKI Jakarta menanggapi klaim sepihak tentang acara Paskahan di Monas tanggal 1 April 2018. A

Isi press release 6 Aras Gereja di DKI Jakarta menanggapi klaim sepihak tentang acara Paskahan di Monas tanggal 1 April 2018. B

Isi press release 6 Aras Gereja di DKI Jakarta menanggapi klaim sepihak tentang acara Paskahan di Monas tanggal 1 April 2018. C

Isi press release 6 Aras Gereja di DKI Jakarta menanggapi klaim sepihak tentang acara Paskahan di Monas tanggal 1 April 2018. D

PGI dan KWI menolak berpartisipasi


Inilah tanggapan PGI dan KWI yang menolak terlibat di program acara sepihak Acara Paskahan 2018 di Monas.


Rilis tersebut sudah dipublikasikan di akhir bulan Februari 2018.


PGI dan KWI tanggapi rencana Paskahan di Monas tanggal 1 April 2018. Rilis tanggapan ini sudah dipublikasikan di akhir bulan Februari 2018. (ist)

PS: Istilah “Aras” mengacu pada pengertian ini. Sejumlah kelompok denominasi Kristen biasanya  bergabung dalam satu kelompok besar yang disebut “Sinode”. Gereja-gereja yang tergabung dalam “Sinode” itu kemudian disebut dengan “Aras”.


Sumber: Sesawi

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: