Kolsani 90 Tahun, Kaum Muda Diundang Ikuti Berbagai Lomba Kreatif

Kolsani3

TANPA terasa, 40 hari lagi Kolese Ignatius atau lebih dikenal dengan nama top-nya Kolsani di Jl. Abubakar Ali No 1, Kotabaru, Yogyakarta, akan genap berumur 90 tahun. Kolsani (Kolese Santo Ignatius)  sekarang dalam katalog resmi SJ disebut sebagai Ignatius House of Studies IHS), tempat para frater senior tingkat teologi menyelesaikan babak akhir pendidikan mereka sebagai calon imam yesuit.

Dalam bangunan Kolsani tertulis sebagai berikut: “A.M.D.G., Me Posuit, J. Hoeberechts, Sup. Miss. S.J., die 18 Febr. 1923” yang kurang lebih berarti di sini kutanamkan batu pertama oleh Pastur J. Hoeberechts SJ, Superior Misi SJ, tertanggal 18 Februari 1923.

Dari Kolsani berhembus kabar tentang adanya serangkaian acara dalam rangka HUT ke-90 lembaga pendidikan Serikat Jesus di Yogyakarta ini.

Berbagai lomba kreatif untuk kaum muda

Kali ini, tema umum yang dikerek Kolsani adalah “Meretas Batas: Beriman dalam Tantangan Kemiskinan, Radikalisme Agama dan Perusakan Lingkungan Hidup”.

Kegiatan-kegiatan terbagi dalam 3 kategori besar, yaitu bidang akademis (lewat sarasehan-sarasehan IHS dan sejumlah publikasi), bidang spiritual (lewat Congregatio Ad Extra, Retret Umat, dan Ekaristi HUT + Jubileum-PromPang), dan bidang sosio-kultural (lewat pengobatan gratis, seni rakyat, dan lomba-lomba bagi kawula muda).

Adapun berbagai lomba meliputi:

  • Lomba Karya Tulis Ilmiah
  • Fotografi
  • Blog
  • Film Pendek
  • Cipta Lagu

Sasaran peserta terutama adalah menyasar kawula muda. Siapa pun boleh mengikutinya, kecuali tentu para penghuni Kolsani (IHS).

Informasi lebih lengkap termasuk ketentuan dan hadiah lomba dapat diperoleh dari website kami (dalam format baru) ada di likn berikut ini:

Dengan ini, kami juga mohon bantuan kepada saudara/i kolega kami untuk menyebarluaskan info tentang kegiatan HUT 90 tahun Kolsani (IHS) ini, terlebih seputar lomba-lomba, ke kalangan kawula muda, seperti mahasiswa/i, sekolah/kolese, paroki, dsb.

Photo credit: Kolsani (http://ihs.provindo.org/)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply