Kiat Jaga Kulit Saat Usia Menua

kulit

KEBANYAKAN orang kurang memerhatikan dirinya di kala usia sudah mulai senja. Padahal masa ini adalah usia rawan bagi seseorang karena sebagian besar fungsi tubuh sudah menurun termasuk kulit.

Kelembaban kulit bagi sebagian lansia bakal berkurang banyak. “Tak heran bila di usia ini, kulit menjadi kering, mengeras, kasar dan lama-lama menjadi menebal serta timbul bercak hitam dan cokelat,”ujar dokter Glenarda Tri Harsa, Sp.KK dalam seminar sehari bertema “Problem Kulit di Usia Senja” memeringati ulang tahun Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) ke-90 Cabang Pemalang di Aula paroki Santo Lukas Pemalang, Jawa Tengah, Minggu (13/7/2014).

Kondisi kulit seperti ini, menurut dokter yang berdinas di RSU Santa Maria Pemalang, disebabkan oleh hormon kulit yang sudah makin berkurang seiring bertambahnya usia. Karena itu, Glen meminta agar para lansia mengubah pola hidup dengan banyak mengonsumsi sayur dan buah. Kulit juga harus diperlakukan dengan baik dengan diberi pelembab.

Anggora WKRI Pemalang/ Foto : Leo Agung Christanto

Seminar Ultah WKRI Pemalang ke-90. Anggota WKRI Pemalang/ Foto : Leo Agung Christanto

Meski begitu Glen menyarankan agar kita tidak sembarang menggunakan pelembab. Gunakan pelembab yang sudah direkomendasikan oleh dokter. “Karena bila tidak, akan timbul bintik-bintik merah pada permukaan kulit dan terjadi penebalan kulit, iritasi dan yang paling berbahaya adalah kanker kulit,”ujar dokter Glen.

Selain dokter Glen, dalam kesempatan ini Direktur RSU Santa Maria Pemalang dr. Widodo Yulianto, M.Kes mengajak WKRI untuk memanfaatkan program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang sudah efektif berjalan sejak Januari 2014.

BPJS menurut dokter Widodo, merupakan salah satu alternatif bagi masyarakat warga negara Indonesia untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara mandiri. Rumah Sakit Santa Maria, yang dikelola para Suster Puteri Bunda Hati Kudus (PBHK) juga merupakan rumah sakit rujukan bagi para peserta BPJS.

“Diharapkan semua umat paroki Santo Lukas Pemalang dapat mengikuti program BPJS secara mandiri dan dapat dilayani di RSU Santa Maria,” demikian pesan singkat Romo Herry Setyawan, Pr sebelum menutup seminar dengan berkat.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: