LETAK  geografis
Wilayah administratif gerejani Keuskupan Weetebula meliputi seluruh daratan Pulau Sumba. Luas wilayah Pulau Sumba kurang lebih 11. 050 Km².

Permukaan tanahnya berbukit – bukit landai dengan gunung tertinggi ± 1. 000 meter. Jenis tanah umumnya berbatu kapur.

Pulau Sumba tergolong daerah yang berhawa panas. Musim hujan berlangsung dari bulan November hingga bulan April.

Di daerah pegunungan biasanya lebih tinggi curah hujannya dibandingkan dengan daerah–daerah pesisir pantai. Di atas padang sabana yang membentang luas di sepanjang Pulau Sumba terdapat banyak ternak seperti kuda, kerbau, sapi, dan lain–lain. Berdasarkan kondisi geografis yang ada, mata pencaharian masyarakat Sumba pada umumnya adalah bertani dan berternak.

Pulau Sumba dan Pulau Sumbawa
Ketika Pulau Sumba masih menjadi wilayah misi dan berada di bawah naungan Vikaris Apostolik Ende, Flores, maka Pulau Sumbawa masih menjadi bagian wilayah Keuskupan Weetebula. Baru pada tahun 1989, berdasarkan Dekrit Paus Yohanes Paulus II tertanggal 23 Oktober 1989 tentang pembentukan Provinsi Gerejani Kupang, mulai dipikirkan lagi bagaimana selanjutnya dengan Pulau Sumbawa.

pasola-sumba

Pesta adat Pasola khas Sumba (Ilustrasi/Ist)

 

Berdasarkan dekrit ini, yang masuk dalam Provinsi Gerejani Kupang adalah keuskupan–keuskupan di wilayah Nusa Tenggara Bagian Selatan. Sehingga dengan demikian, Keuskupan Weetebula dan Keuskupan Atambua yang selama itu berada di bawah wewenang Metropolitan Ende (Keuskupan Agung Ende) kini berubah menjadi Keuskupan Sufragan Metropolitan Kupang (Keuskupan Agung Kupang).

Sumba dan Sumbawa

Atas dekrit inilah, maka tanggal 24 Nopember 1990 silam telah dilaksanakan acara serah terima wilayah Gerejani Sumbawa yang terdiri dari Paroki Bima dan Paroki Sumbawa Besar dari Uskup Keuskupan Weetebula (Mgr. G. Kherubim Pareira, SVD) kepada Uskup Keuskupan Denpasar (Mgr. Vitalis Djebarus, SVD).

Dengan demikian, sejak 24 Nopember 1990 wilayah Keuskupan Weetebula hanya meliputi Pulau Sumba saja.

Secara administratif sipil, Keuskupan Weetebula masuk dalam wilayah territorial Provinsi Nusa Tengggara Timur (NTT); terdiri dari 4 wilayah kebupaten meliputi:

  • Kabupaten Sumba Timur
  • Kabupaten Sumba Tengah
  • Kabupaten Sumba Barat
  • Kabupaten Sumba Barat Daya
Pulau Sumba

Peta Pulau Sumba dengan destinasi wisatanya. (Ilustrasi/Ist)

Pada awalnya, Keuskupan Weetebula hanya mencakup 2 kabupaten saja yakni Kabupaten Sumba Timur dan Kabupaten Sumba Barat. Namun, dengan adanya pemekaran wilayah di Pulau Sumba, maka Keuskupan Weetebula mencakup keempat wilayah kabupaten tersebut.

Satu pulau besar dengan 20 paroki

Menurut administrasi gerejani, Keuskupan Weetebula meliputi 20 paroki dan empat quasi paroki yang semuanya dikoordinasi dalam tiga dekenat yakni Dekenat Waingapu, Dekenat Waikabubak dan Dekenat Weetebula.

Fr. John and People of Sumba in front of Church by Haniesto

Pastor John bersama umat katolik Keuskupan Weeyebula di Pulau Sumba (Courtesy of Haniesto)

  • Dekenat Waingapu meliputi wilayah Kabupaten Sumba Timur.
  • Dekenat Waikabubak meliputi wilayah Kabupaten Sumba Tengah, Kabupaten Sumba Barat dan sebagian Kabupaten Sumba Barat Daya.
  • Dekenat Weetebula meliputi Kabupaten Sumba Barat Daya.

Dari 20 paroki penuh dan 4 quasi paroki, di antaranya ada 5 paroki yang berpusat di ibukota kabupaten, 12 paroki berpusat di ibukota kecamatan dan 7 paroki lain berada di desa.

Setiap paroki membawahi 7 sampai 29 stasi yang tersebar di desa atau kampung.

Data Wilayah Dekenat dan Paroki-paroki:

  • Dekenat Waingapu meliputi paroki-paroki sebagai berikut: Ngallu, Nggongi, Melolo, Wara– Waingapu, Paroki Kambajawa, Lewa. Semua berlokasi di Kabupaten Sumba Timur.
  • Dekenat Waikabubak meliputi: Paroki Lendi Wacu dan Paroki Katiku Loku di Wilayah Sumba Barat dan Paroki Paroki Waikabubak, Paroki Tana Malli, Paroki Wanno Kaza, Paroki Elopada, dan Paroki Palla di Sumba Barat Daya.
  • Dekenat Weetebula meliputi Paroki Waimangura, Paroki Weekombaka, Paroki Manola, Paroki Kalembu Weri, Paroki Waimarama, Paroki Bondo Kodi, Paroki Homba Karipit, Paroki Ande Ate, Paroki Weetebula, Paroki Tambolaka, Kuasi Paroki Kererobbo, Kuasi Paroki Karuni
Umat Katolik Sumba by Redemptoris

Umat katolik di Keuskupan Weetebula, Pulau Sumba, NTT (Courtesy of Misi Redemptoris)

Tautan:

 

 

Artikel lain yang banyak dibaca:

5 pencarian oleh pembaca:

  1. peta pulau sumba
  2. pulau sumba
Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.