Ketekunan Itu Mutlak

tenun kain by kompas female“MAKA kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu” (Mat 25, 21) ‘Sehari selembar benang, lama-lama menjadi kain’. Ungkapan ini tidak hanya sekedar peribahasa saja, tetapi juga […]

tenun kain by kompas female

MAKA kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu” (Mat 25, 21)

‘Sehari selembar benang, lama-lama menjadi kain’.

Ungkapan ini tidak hanya sekedar peribahasa saja, tetapi juga kenyataan yang terjadi di Pertenunan Boro.

Saat saya masih belajar di SMP Pangudi Luhur Boro, saya bisa melihat para karyawan memberi warna pada benang-benang, menjemur dan mengeringkan, serta menenunnya menjadi berbagai macam selimut, lap piring, taplak meja, kain pel, bahan seragam sekolah dan jenis kain yang lain.Setiap lembar benang disusun, dianyam dan ditenun sampai menjadi sehelai kain.

Entah berapa lembar benang yang bisa ditenun setiap hari. Kenyataan ini sungguh membenarkan arti peribahasa itu bahwa setiap lembar benang yang ditenun setiap hari akan menghasilkan kain yang cukup panjang.

Kesibukan dan pekerjaan di dalam pertenunan itu memang sarat dengan kesabaran, ketekunan dan kesetiaan terhadap benang-benang kecil, yang pada akhirnya bisa menghasilkan kain yang panjang dan bagus.

Keutamaan-keutamaan inilah yang juga diajarkan oleh Yesus Kristus kepada para murid, lewat perumpamaan tentang talenta. Kesabaran, ketekunan dan kesetiaan untuk mengembangkan talenta yang kecil, akan membawa kebahagiaan di dalam hidup. Para murid diajak untuk tidak tergoda terhadap hal-hal yang besar, spektakuler, megah, tetapi diajak setia dan tekun untuk melakukan hal-hal yang kecil dan sederhana.

Teman-teman selamat pagi dan selamat berkarya.

Berkah Dalem.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply