Kerendahan Hati

YOHANES Pembaptis menyerukan pertobatan untuk mempersiapkan jalan bagi kedatangan Mesias. Ia dikenal oleh banyak orang, namun tetap menempatkan dirinya bukan sebagai yang utama, karena ia menyadari ada sosok yang jauh lebih besar daripadanya.

Yesus, sebagai Putra Allah, rela melepaskan semua kebesaranNya untuk datang ke dunia sebagai seorang manusia demi menyelamatkan kita semua dan memberi diri dibaptis oleh Yohanes.

Sikap kerendahan hati yang ditunjukkan oleh Yesus dan Yohanes, merupakan keutamaan yang harus dimiliki setiap orang beriman. Orang yang rendah hati menyadari bahwa semua yang mereka miliki adalah pemberian daripadaNya, sehingga mereka senantiasa berupaya untuk menyenangkan hatiNya dengan mengutamakan kehendakNya di dalam seluruh sikap, tutur kata dan tindakan.

Mari persiapkan hati kita untuk menyambut kedatanganNya. Dengan rendah hati akui semua kesalahan dan dosa kita di hadapanNya, agar hati kita kembali menjadi bersih sehingga layak menjadi palungan bagiNya.

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Insinyur elektro alumnus ITB dan umat Paroki St. Yakobus, Kelapa Gading, Jakarta Utara; bergiat ‘merangkai’ kata-kata renungan yang menjadi ‘kata hati’ untuk satu hari (thoughts of the day); Anggota Komunitas Meditasi Katolik Ancilla Domini St. Yakobus.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: