Kepuasan Kerja (1)

SEMUA masalah bisnis memiliki implikasi sumber daya manusia dan semua masalah sumber daya manusia memiliki implikasi bisnis. Maka perlu semakin disadari bahwa masalah sumber daya manusia layak mendapat perhatian manajemen sebagai bagian tak terpisahkan bagi keberhasilan sebuah organisasi bisnis.

Aktivitas manajemen sumber daya manusia yang dilakukan oleh pimpinan manajemen dan karyawan di semua lini makin penting dan menentukan kinerja kompetitif organisasi. Maka menjadi tanggungjawab setiap anggota organisasi untuk turut aktif membangun sebuah organisasi bisnis yang mampu belajar dengan cepat dan beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan.

Keunggulan bersaing

Dalam persaingan bisnis yang makin ketat, memiliki keunggulan bersaing adalah mutlak bagi organisasi bisnis. Salah satu unsur yang sangat besar pengaruhnya sumber daya manusia. Unsur sumber daya manusia mutlak mempengaruhi eksistensi organisasi, sehingga dapat dikatakan tercapainya tujuan organisasi sangat ditentukan oleh usaha sumber daya manusianya, dalam tingkat perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengendalian.  Menyadari hal tersebut maka kepuasan kerja karyawan harus senantiasa dijaga dan bahkan harus ditingkatkan agar keryawan tetap mampu memberikan kinerja dan prestasi yang makin baik.

Kepuasan kerja

Kepuasan kerja adalah sesuatu kesenangan atau pernyataan emosional yang positif yang dihasilkan karena suatu penghargaan dari tempat bekerja atau atas suatu pengalaman kerja.

Ada dua hal yang menjadi sumber kepuasan kerja atau ketidakpuasan kerja seseorang, yaitu yang bersumber pada pekerjaan itu sendiri dan yang berkaitan dengan lingkungan sekitar pekerjaan.

Faktor-faktor yang berasal dari pekerjaan itu sendiri yaitu: pencapaian prestasi dalam melaksanakan suatu pekerjaan, peningkatan tanggung jawab, kesempatan untuk promosi dan peningkatan karir, kesempatan untuk pertumbuhan pribadi, dan adanya penghargaan terhadap apa yang telah dilakukan.

Karyawan yang telah mengabdikan diri pada perusahaan akan merasa semangat dan yakin dalam berkarya bila dalam dirinya terdapat suatu perasaan puas atau nyaman bekerja di perusahaan tempat dirinya bekerja. Kepuasan kerja karyawan akan berdampak pada pekerjaan yang makin baik sehingga memuaskan para konsumen mereka.  Kepuasan kerja sangat diperlukan untuk memberikan output maksimal di bidang pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan tersebut.

Dalam sebuah penelitian terbatas, menyimpulkan bahwa kepuasan kerja karyawan di suatu perusahaan sangat dipengaruhi oleh beberapa hal yang berkaitan dengan lingkungan perusahaan, yaitu: perilaku pimpinan, motivasi dan iklim organisasi. (Bersambung)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: