Ke Bandung Jangan Bawa Mobil, Imbau Walkot Bandung Ridwan Kamil

bandung kopo by tribun newsSEJAK Tol Cipularang beroperasi, jarak Jakarta-Bandung kian dekat. Seperti tak berjarak lagi, karena akses tol menyebabkan jarak tempuh Bandung-Jakarta hanya sekitaran dua jam saja. Dulu sekali, ketika harus melewati Puncak Pass atau Subang, jarak Bandung-Jakarta makan waktu hampir 5-6 jam. Memanglah, keberadaan jalur rel KA Bandung-Jakarta juga punya efek untuk mengurangi waktu tempuh antara dua […]

bandung kopo by tribun news

SEJAK Tol Cipularang beroperasi, jarak Jakarta-Bandung kian dekat. Seperti tak berjarak lagi, karena akses tol menyebabkan jarak tempuh Bandung-Jakarta hanya sekitaran dua jam saja. Dulu sekali, ketika harus melewati Puncak Pass atau Subang, jarak Bandung-Jakarta makan waktu hampir 5-6 jam.

Memanglah, keberadaan jalur rel KA Bandung-Jakarta juga punya efek untuk mengurangi waktu tempuh antara dua kota di jalur penting ini. Namun, tak pelak lagi Tol Cipularang lah yang membuat Jakarta-Bandung seperti tak berjarak lagi.

Akibatnya, banyak warga Jakarta suka main ke Bandung dan mungkin juga sebaliknya. Pakai mobil biar cepat, fleksibel dan mobile. Susahnya, kedatangan warga Jabodetabek ke Bandung ini malah bikin kota Paris van Java makin macet.

Tak ayal, Walikota Bandung Ridwan Kamil pun ikut sewot dibuatnya.

Bikin macet dan bising

Sebagaimana dilaporkan harian Merdeka edisi Selasa (16/9) ini, Walkot Bandung mendesak Wagub Jakarta agar warga Jakarta jangan lagi bawa mobil ke Bandung. Alasannya, hanya bikin jalanan di Bandung makin macet saja.

Maka, Kamil pun punya alasan: Naiklah Kereta Api. “Ia minta kita pakai KA saja ke Bandung,” tutur Wagub Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menirukan omongan Kamil.

Menurut Kamil, kampanye ke Bandung pakai KA harus dimulai sosialisasinya sejak sekarang.

Bila dirunut ke belakang, gagasan naik KA ke Bandung ini baik juga guna mengurangi beban volume kendaraan yang melintasi jalur Jakarta-Cikampek-Bandung yang kian padat dan sering macet.

Beberapa waktu lalu, Menhub AA Mangindaan malah mengusulkan agar segera dibangun projek besar KA super cepat Jakarta-Bandung. Namun, projek besar ini ditolak mentah-mentah oleh Direktur PT KAI Ignatius Jonan, karena investasi seperti ini sebaiknya dialokasikan untuk jalur transportasi di luar Jawa saja.

Toh Jakarta-Bandung, demikan argumen Jonan, sudah ada Tol Cipularang.

Sumber: Merdeka.com

Kredit foto: Ilustrasi kemacetan lalin di kawasan Kopo. Bandung (Courtesy of Tribun News)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply