sr alfonsa triatmi ok

Narasumber kami adalah Suster Alfonsa Triatmi PMY, mantan provinsial Kongregasi Suster-suster Putri Maria dan Yosef (13 tahun), sejak kecil senang dengan lingkungan hidup dan dunia petani, perintis kerasulan pendampingan petani penghasil beras organik di Purworejo, Jateng.

———————-

SAYA mencoba memberi sedikit tanggapan tentang kiprah Sri Paus demikian:

Kondisi  lingkungan dunia secara umum sekarang ini, sungguh-sungguh memprihatinkan, karena Bumi kita sudah semakin panas dan itu antara lain disebabkan oleh adanya pembabatan hutan yang berlebihan. Tanah/lahan pertanian sudah rusak yang disebabkan oleh penggunaan bahan-bahan kimia yang berlebihan hanya demi mendapatkan hasil yang lebih banyak untuk mencukupi kebutuhan pangan manusia.

Kondisi lingkungan yang sudah rusak ini juga dipicu oleh sikap dan perilaku manusia yang materialistis, budaya instan dan konsumtif. (Baca juga: Kata Mereka tentang Ensiklik “Laodato Si” (2)

Tindak lanjut
Ensiklik Sri Paus yang punya kepedulian besar terhadap Kelestarian Lingkungan Hidup ini sangat bagus dan perlu ditindaklanjuti dalam suatu proses penyadaran di lingkungan Umat Katolik dimana pun berada lewat Keuskupan, Paroki, Stasi, Wilayah,Lingkungan atau kelompok-kelompok Kategorial di lingkup Gereja kita. Ini penting agar umat Katolik dapat berperan sebagai Kelompok Pelestari Lingkungan dimana pun mereka berada.

Suster Alfonsa Triatmi (Ist)

Ajaran Sri Paus dapat menjadi “Custodian” atau penjaga lingkungan dapat dilakukan dengan berusaha secara aktif terlibat dalam usaha-usaha pelestarian lingkungan. Misalnya, petani berusaha untuk menjadi petani yang mengelola/mengerjakan tanah/lahan mereka secara alami. Untuk kelompok lainnya bisa saja dan berusaha memanfaatkan Sumber Daya Alam secukupnya, tidak berlebihan semisalnya budaya perilaku penghematan air, listrik, dst. Juga bisa bergabung dengan kelompok yang
peduli lingkungan.

Demikian yang bisa saya sampaikan

Salam dan Berkah Dalem

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.