Jumat 17 Oktober 2014: Waspadalah terhadap Kemunafikan, Luk 12:1-7

topeng kemunafikan by MacayzerTERNYATA kemunafikan orang Farisi yang sering dikritik oleh Tuhan Yesus sekarang ini masih banyak menggejala di masyarakat, bukan saja didalam diri Umat Katolik atau Warga Gereja, tetapi dalam diri orang yang merasa memiliki agama yang paling benar dan memperlihatkan diri sebagai kelompok yang perlu dianut oleh semua orang. Mereka ini selalu menuntut agar semua orang […]

topeng kemunafikan by Macayzer

TERNYATA kemunafikan orang Farisi yang sering dikritik oleh Tuhan Yesus sekarang ini masih banyak menggejala di masyarakat, bukan saja didalam diri Umat Katolik atau Warga Gereja, tetapi dalam diri orang yang merasa memiliki agama yang paling benar dan memperlihatkan diri sebagai kelompok yang perlu dianut oleh semua orang.

Mereka ini selalu menuntut agar semua orang mengikuti aturannya, karena mereka yakin bahwa aturan yang mereka pegang ini sebagai yang dikehendaki oleh Tuhan Allah sendiri. Dan kalau ada yang berani melawan, maka celakalah yang melawan itu.

Seperti kita tahu kaum Farisi itu termasuk kelompok garis keras, karena apa- apa yang tidak cocok dengan faham mereka, mereka singkirkan, termasuk para nabi utusan Allah juga banyak mereka singkirkan dan mereka bunuh. Mereka mengancam Yesus dan menolak ajaranNya.

Demikian pula aliran yang ada pada masyarakat kita di zaman sekarang ini juga meresahkan masyarakat. Mereka kelompok fundamentalis dan extremis. Maka Tuhan Yesus memberi nasehat kepada para muridNya: “Waspadalah terhadap ragi, kemunafikan kaum Farisi. Tiada sesuatu pun yang tersembunyi yang tak kan diketahui…. Hai sahabat-sahabatKu, janganlah kalian takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh tetapi kemudian tak dapat berbuat apa-apa lagi. Aku akan menunjukkan kepadamu siapakah yang harus kalian takuti. Takutilah Dia yang setelah membunuh, mempunyai kuasa untuk melemparkan orang kedalam neraka…”

Pesan yang mau disampaikan kepada kita, yaitu supaya kita tetap berani berpegang pada iman kita, setia kepada Firman Tuhan dan berani menghadapi tantangan yang mungkin membuat kita cemas. Justru pada saat sekarang ini kita diingatkan untuk menjalin hubungan baik dengan orang-orang dari kelompok lain yang masih sejalan dengan pikiran kita.

Karena kelompok fundamentalis akan merasa merasa tersisihkan kalau masyarakat yang tidak mendudukung gagasannya semakin bersatu. Lebih-lebih kalau banyak orang sudah bisa memahami keadilan dan kebenaran yang pelu diperjuangkan.Tuhan mengatakan bahwa Ia akan tetap memelihara kita. Kita lebih berharga daripada burung pipit.

Marilah kita berdoa: Ya Tuhan kami percaya bahwa selalu melindungi hidup kami dari bahaya. Bimbinlah kami agar kami selalu setia kepada FirmanMu dan berilah kami kekuatan agar kami berani memberi kesaksian atas kehadiranMu dan menjalin kerjasama dengan saudara kami yang lain untuk membangun kedamaian.

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply