kata penuh kuasa

MENGAPA setiap kali Yesus mengadakan mukjizat, terutama kalau mengusir setan, orang-orang selalu menuduh Yesus melakukan itu dengan bantuan roh-roh jahat atau roh orang mati, bahkan Beelzebul?

Sebab dalam melaksanakan pengusiran setan Yesus tak pernah mengucapkan kata-kata “dengan kuasa Allah, Aku mengusir kamu”.

Yesus dengan penuh wibawa hanya mengatakan:”Pergilah dari sini, hai roh jahat.”.

Wibawa Yesus adalah kuasa Allah sendiri. Yesus menegaskan bahwa setan tidak bisa diusir dengan kuasa setan, tetapi hanya dapat dikalahkan dengan kuasa Allah.

Kehadiran Yesus adalah tanda kehadiran Allah. Maka dengan hadirnya Kerajaan Allah kuasa setan akan teralahkan.

Yesus menjelaskan mengapa mukjizatnya tidak dilaksanakan dengan menggunakan kuasa roh jahat atau setan. Sebab kalau Yesus menggunakan kuasa roh jahat, pastilah kuasa roh jahat itu terpecah-pecah (setan melawan setan). Padahal kuasa roh jahat masih tetap ada. Kuasa roh jahat baru dapat dikalahkan bilamana Kerajaan Allah sudah berdiri, yaitu dalam diri orang-orang mau mengimani pewartaanNya.

“Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu. Barang siapa tidak bersama Aku, ia melawan Aku dan barang siapa tidak mengumpul-kan bersama Aku, ia mencerai-beraikan. Apabila roh jahat keluar dari manusia ia akan mengembara di tempat yang tandus mencari perhentian. Karena tidak mendapatkan ia berkata”Aku akan kembali ke rumah yang kutinggalkan itu.”

Kalau setan kembali kepada orang itu ia akan membawa tujuh roh lain yang jauh lebih jahat, sehingga keadaan orang itu akan jauh lebih jahat.

Kita orang beriman telah menerima pembaptisan dalam Nama Allah, setan sudah kita tolak dan kita telah dibersihkan dari dosa. Walaupun Kristus telah hadir dalam diri kita, namun kuasa roh jahat masih mengincar kita dan mencoba masuk dan mempengaruhi hidup kita, terutama kalau kita lengah.Kita hanya dapat mengusir roh jahat yang mengintai hidup kita dengan kuasa dari Allah, yaitu kalau kita memupuk hidup rohani dengan doa dan Sabda Allah.

Sebab kalau hidup kita kosong dari hidup rohani, setan akan senang tinggal dalam hidup kita. Maka dalam surat Santo Petrus ada pesan: Waspadalah dan berjagalah. Sebab setan musuhmu berkeliling seperti singa yang mengaum-ngaum mencari mangsanya. Lawanlah dia, teguh dalam iman.”( 1 Petr 5:8-9).

Kredit foto: Ilustrasi (Bob Kaylor)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.