John Cantlie, Korban Berikutnya di Tangan ISIS

john cantlie isis by CNN

SUDAH dua tahun hilang tak berkhabar, akhirnya keberadaan wartawan Inggris bernama John Cantlie kini terdeteksi. Ternyata, ia menjadi tawanan kelompok militan ISIS. Dan kini, melalui video Cantlie berisi pesan-pesan kecaman terhadap Inggris dan AS, ISIS mendapatkan sarana untuk melakukan propaganda.

Kita belum tahu, kapan John Cantlie ini akan dieksekusi seperti para sandera lainnya yang digorok lehernya sebagaimana terjadi sebelumnya pada James Foley, Steven Scotloff, David Haines dan dua tentara Libanon.

John Cantlie –seorang cameramen—dinyatakan hilang sejak November 2012, persis hampir bersamaan dengan James Folley.

Sepanjang karirnya sebagai ‘juru rekam’, Cantlie sudah menghabiskan lebih dari 20 tahun bergemilang pasir dan darah untuk meliput peristiwa-peristiwa berbau kekerasan di arena perang di Afghanistan, Somalia, Libya, dan terakhir Suriah.

Sebelumnya, bersama seorang jurnalis Belanda ia pernah diculik di Suriah bulan Juli 2012 dan berhasil melarikan diri meski sempat ditembaki penyanderanya …dan upaya melarikan diri itu gagal. Beberapa hari kemundian, ia berhasil diselamatkan dan dievakuasi militer Suriah.

Kepada pers, John Cantlie menyatakan bahwa para penyanderanya itu juga menyekap beberapa warga Barat lainnya, termasuk seorang dokter berkebangsaan Inggris yang pernah merawat luka-luka tembaknya.

Kisahnya itu kemudian muncul di harian The Sunday Times terbitan London.

Beberapa bulan kemudian, John nekad kembali ke Suriah. Namun, kali ini nasibnya ternyata berada di ujung tanduk: diculik dan baru dua tahun kemudian keberadaan diketahui public. Ia ternyata telah diculik dan disekap kelompok militan ISIS.

Hari-hari menegangkan, karena siapa tahu John Cantlie akan menjadi korban keempat warga Barat yang harus mengakhiri hidupnya dengan sangat tragis: disembelih oleh kelompok ISIS.

Sumber: CNN. BBC

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: