Januari 2015, WNI Bebas Visa ke Jepang

Gunung Fujiyama Jepang by DatanamiINI benar-benar kabar bungah untuk para pelancong keluar negeri, utamanya ke Negeri Sakura alias Jepang. Mulai Januari 2015, demikian dilansir Tempo Online edisi hari Kamis (14/8), Pemerintah Jepang akan memberlakukan kebijakan bebas visa bagi pemegang paspor RI. Keterangan bungah ini dirilis sendiri oleh Menlu RI Marty Natalegawa, ketika bertemu Menlu Jepang Fumio Kishida dalam kunjungannya […]

Gunung Fujiyama Jepang by Datanami

INI benar-benar kabar bungah untuk para pelancong keluar negeri, utamanya ke Negeri Sakura alias Jepang.

Mulai Januari 2015, demikian dilansir Tempo Online edisi hari Kamis (14/8), Pemerintah Jepang akan memberlakukan kebijakan bebas visa bagi pemegang paspor RI.

Keterangan bungah ini dirilis sendiri oleh Menlu RI Marty Natalegawa, ketika bertemu Menlu Jepang Fumio Kishida dalam kunjungannya ke Tokyo, Selasa tanggal 12 Agustus ini.

Meski tidak secara khusus menyebutkan kapan kebijakan bebas visa untuk pemegang paspor RI ini akan diberlakukan, namun Menlu Marty Natalegawa punya ancer-ancer sendiri: “Konon, mulai Januari tahun 2015,” ungkapnya.

Dengan akan diberlakukannya bebas visa bagi WNI yang akan berkunjung ke Jepang, tandas Marty, maka pihaknya juga akan memberlakukan kebijakan sama. Para wisatawan pemegang paspor Jepang dengan sendiri akan bebas melenggang masuk Indonesia tanpa visa.

Empat tingkatan visa
Laporan Tempo Online menyebutkan ada empat tingkatan visa yang selama ini berlaku di panggung diplomasi internasional.

  • Yang pertama adalah calling visa dimana berlaku untuk negara-negara dengan kebijakan visa sangat ketat hingga setiap warga negara asing yang akan berkunjung ke negeri super ketat ini memerlukan ‘calling visa’ dari KBRI di negeri super ketat ini. Pendek kata, ‘calling visa’ ini seperti ‘surat rekomendasi resmi’ dari KBRI untuk kedutaan besar negara tersebut di Indonesia.
  • Yang kedua adalah visa biasa dimana setiap warga negara diwajibkan memiliki visa (izin masuk) sebelum melakukan perjalanan keluar negeri. Visa diberikan oleh kedutaan besar di Indonesia.
  • Yang ketiga adalah yang biasa disebut Visa on arrival (VOA). Ini visa pemberian langsung begitu kita mendarat di negeri asing yang kita kunjungi tanpa harus terlebih dahulu mengurus atau  menyertakan berbagai persyaratan. Cukup membawa paspor dan kesediaan diri memenuhi kewajiban membayar VOA di bandara atau pelabuhan, maka kita sudah bisa lenggang kangkung masuk negeri asing.
  • Yang keempat adalah bebas visa seperti yang sudah berlaku beberapa tahun ini bagi para pemegang paspor RI untuk berwisata atau mengunjungi negara-negara anggota ASEAN. Dengan demikian, kita tidak perlu butuh visa kalau hanya mau ‘masuk’ Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Kamboja.

Sumber: Tempo Online

Kredit foto: Gunung Fujiyama di Jepang (Courtesy of Datanami)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply