Jangan Membenci, Kasihilah Musuhmu

kasihilah musuhmu by ist

Sabtu 28 Februari 2015: Prapaskah I

Ulangan 26:16-19; Mzm 119:1-2; 4-5, 7-8; Mateus 5:43-48

… Kasihilah musuh-musuhmu, dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu…

PERTAMA-tama, syukur kepada Allah atas sabdaNya pada hari ini. Yesus Kristus meyakinkan kita bahwa kasih dapat mengalahkan setiap ketakutan, dosa, dan egoisme kita. Ia juga membaharui kita dengan dengan kasihNya setiap hari. KasihNya berdaya guna untuk membebaskan kita dari setiap kuasa kejahatan, egoisme, ketamakan, kemarahan, kebencian, dan kecemburuan dalam diri kita. Yesus mengajarkan dan mengubah hukum lama dengan hukum baru yang penuh belas kasih dan kebaikan termasuk kepada mereka yang membenci dan melukai hati kita.

Injil mengajarkan kepada kita bahwa Allah adalah baik kepada siapa saja. Orang baik dan orang jahat dikasihiNa. Ia merangkul para santo-santa maupun para pendosa. Allah memberikan yang terbaik kepada kita bahkan kita diundang untuk tetap pula mengasihi mereka yang melukai kita atau membenci kita. Kasih kita kepada mereka yang membenci kita berlandaskan pada kasih Allah sendiri yang dicurahkan kepada kita. Selalu akan ada orang yang akan mengganggu bahkan membenci kita, namun kita tidak perlu membalas dengan membenci mereka. Syukur kepada Allah atas pelajaran indah ini.

Pertanyaannya adalah, bagaimana kita dapat mengasihi seperti Allah, dan mengalahkan kejahatan dengan kebaikan? Tentu, dalam nama Yesus Kristus tak ada yang mustahil untuk kita lakukan. Yang penting adalah tulus dan tanpa pamrih dan bukan untuk menyerang orang lain. Semua yang baik kita bawa demi kebaikan bukan untuk maksud yang lain. Roh Kudus akan memberikan rahmat kepada kita sehingga kita bisa mengalahkan semua termasuk yang menyakiti dan melukai kita dengan segala prasangka dan duka.

Dalam Adorasi Ekaristi Abadi, kita menyembah Yesus Kristus yang membebaskan kita dari belenggu kejahatan, kebencian, dan perlawanan. Ia memberikan kepada kita keberanian untuk mengganti kejahatan dengan kebaikan. Kasih dan rahmatNya berdaya guna untuk menyembuhkan dan menyelamatkan kita dari kehancuran. Mari menyembah Dia dan menerima daya keselamatan kasihNya dan belas kasih yang dinyatakan kepada kita dan sesama melalui doa-doa kita pula.

Tuhan Yesus Kristus, berilah kami Roh Kudus dan sucikanlah kami dengan daya ubah kian serupa dengan Bapa Surgawi yang berbelas kasih kepada sesama. Semoga kami berjalan dalam sukacita Injil yang kami wartakan. Kami percaya padaMu dan kami yakin Roh KudusMu mengobarkan hati kami dari setiap kegelapan dosa dan membebaskan kami dari setiap kejahatan. Kami ingin tetap fokus pada kasihMu dan tak akan biarkan kejahatan merampas damai, sukacita dan apa pun yang membuat kami terpisah daripadaMu selamanya. Amin.

Kredit foto: Ist

 

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: