images (1)

JANGAN takut.

Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.
Sabda Tuhan hari ini mengajak kita tidak usah kuatir. Saya paham mengapa seseorang merasa kuatir. Sebab tidak ada seorang pun tahu apa yang akan terjadi pada esok hari. Maka Yesus pun berpesan kepada kita agar kita menghidupi kekinian. Kita memang perlu mempersiapkan hari esok, tetapi biarkan kita melalui besok pada waktunya. Jangan sampai kita merasa kuatir yang mendalam sehingga kita malah tidak berbuat apa-apa.
Seringkali, kekuatiran membuat seseorang tidak berbuat apa-apa, karena kuatir yang mendalam. Seharusnya, kita bisa berbuat lebih jika kita bisa memanage kuatir. Seharusnya, kekuatiran tidak membuat kita takut. Kekuatiran membuat kita antisipasi dan berjaga-jaga. Jika demikian, kita menjadi tenang dan bersiapsiaga akan esok yang tidak ketahui.

Jangan takut merupakan ajakan Yesus kepada kita. Agar kita mampu melewati hari demi hari dengan penuh keyakinan. Yesus sendiri pernah mengalami kekuatiran dan ketakutan yang mendalam saat menjelang peristiwa Salib. Namun Yesus mengandalkan doa kepada Allah Bapa sebagai kekuatan hari esok yang tidak diketahui. Kita pun sebagai umat beriman mempunyai senjata andalan, yaitu doa. Kita berdoa kepada Allah Bapa yang mengetahui masa depan kita. Kita mohon dibimbing oleh Allah agar kita sejalan dengan kehendak-Nya.
Seringkali seseorang melupakan doa dan ekaristi. Seseorang hanya mengandalkan kekuatan manusia. Ketika jatuh, ia baru merasakan sesal dan sakit. Hidup kita perlu seimbang antara rasio dan iman. Kita perlu menggunakan akal budi kita, tetapi kita juga perlu karya Allah dalam hidup kita.

Saudara-saudara terkasih, apakah anda masih merasa takut akan hari esok? Saya berharap dengan senjata andalan kita, doa devosi dan ekaristi, kita semakin tenang, mantap, dan yakin untuk menjalani kekinian dan merencanakan hari esok. Kita mohon rahmat dan perlindungan Tuhan agar kita senantiasa dijaga dan diarahkan pada jalan yang benar dan baik. Sehingga, kita mampu menikmati hari ini dan merencanakan hari esok sesuai dengan kehendak Allah.

Feel free untuk tidak takut, karena Allah beserta kita.
Jan

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.