Pekan V Paskah: Kis 14:19-28; Mzm 145:10-11.12-13b.21; Yoh 4:27-31a

DAMAI sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.” (Yohanes 14:27)

Beberapa hari yang lalu eseorang menelpon saya, “Romo, apakah saya bisa bertemua sekarang?” “Silahkan. Saya tunggu di Pastoran. Kamu di mana?” Sahut saya.

“Saya di jembatan” jawabnya.

“Jembatan mana?,” tanya saya.

“Jembatan Kebon Dalem” sahutnya.

“Mari silahkan, saya di sekretariat Pastoran” jawabku.

Omong punya omong, pemuda yang sudah dewasa itu sedang galau, gelisah dan gentar. Dia orang katolik. Punya pacar katolik. Tapi, orangtuanya yang tidak beragama katolik melarang mereka pacaran. Alasannya, dia shio Kerbau, dan, pacarnya shio Macan.

Itu bahaya: nanti Kerbau dimakan macan. Wuih, ngeri!

Saya menjawab spontan, “Belum tentu loh. Lah sekarang macan bisa diajak main sirkus je… Macan bisa dijinakkan dan jadi penghiburan serta sumber pemasukan! Coba, berani nggak kamu bilang begitu kepada orangtuamu?”

Saya pun mulai menerangkan prinsip perkawinan katolik. Yang penting adalah saling kasih antara yang bersangkutan. Setelah bicara panjang lebar tentang prinsip itu, saya mengajak dia berdoa dan selanjutnya saya persilahkan dia berdoa sendiri di Kapel Adorasi Ekaristi Abadi.

Luar biasa, selang sehari sesudah itu, dia datang lagi kepada saya bersama sang pacar tercinta dan sudah memastikan tanggal lamaran. Mereka berdua mohon berkat dan doa restu!

Kegalauan dan kegelisahan hati mereka diubah menjadi damai-sejahtera! Semoga tetap langgeng abadi seterusnya. Itulah yang dijanjikan Yesus. Pasti Yesus tidak bohong dengan janji-Nya!

Benarlah yang disampaikan Paus Paulus VI – yang akan dibeatifikasi 19 Oktober 2014 mendatang – dalam “Mysterium Fidei” (3/9/1965) bahwa satu jam suci dalam Adorasi Ekaristi akan berbuah damai-sejahtera bagi orang lain, keluarga, paroki bahkan dunia (MF 68). Adorasi Ekaristi menyuburkan kasih sosial (social love) kita (MF 69) dan menjadi sumber damai-sejahtera bagi Gereja dan dunia (MF 70).

Tuhan Yesus Kristus, semoga berkat doa-doa yang dipersembahkan umat-Mu yang tekun dalam kerjasama mewujudkan gerakan Adorasi Ekaristi Abadi, damai-sejahtera kian terwujud di dunia yang sering dicekam kegelisahan, kegalauan dan kecemasan ini. Terpujilah Engkau kini dan selamanya. Amin.

Photo credit: Ilustrasi (Courtesy of Unexplained Mystery)

Artikel lain yang banyak dibaca:

5 pencarian oleh pembaca:

  1. ilustrasi khotbah kristen tentang damai sejahtera
  2. ilustrasi damai sejahtera
Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.