Jadi Duta KasihNya


PEMUNGUT cukai adalah orang yang dibenci oleh masyarakat Yahudi, bahkan kaum Farisi mengganggap mereka sebagai pendosa sehingga layak dijauhi. Tetapi Yesus menunjukkan sikap yang berbeda, Ia justru mencari, mendekati dan memanggil Matius untuk mengikuti Dia. SapaanNya yang penuh belas kasih membuat Matius segera meninggalkan kehidupan lamanya dan mengikuti Dia.


Yesus datang menawarkan keselamatan kepada setiap orang. Hendaknya kita menerima tawaranNya dengan penuh syukur dan sukacita; dan jangan meniru sikap orang Farisi yang menganggap diri sudah bersih, benar dan saleh sehingga merasa tidak memerlukan pertobatan. Sadari bahwa kita adalah manusia yang lemah dan rapuh, yang terus menerus memiliki kecenderungan untuk berbuat dosa. Hanya bersatu dengan Dia, kita dimampukan untuk menapaki jalan keselamatan.


Tanggapi panggilanNya dengan mempersembahkan hidup kita untuk melayani Dia dan sesama. Sebagaimana Yesus senantiasa memberikan kesempatan bagi kita untuk bertobat, mari kita menjadi duta kasihNya, yakni dengan tulus dan penuh kasih, dekati, bimbing dan arahkan mereka yang tersesat kepada Yesus, Sang Juru Selamat; agar mereka pun mengalami kasihNya yang menyelamatkan.


Kredit foto: Ilustrasi (Ist)


Insinyur elektro alumnus ITB dan umat Paroki St. Yakobus, Kelapa Gading, Jakarta Utara; bergiat ‘merangkai’ kata-kata renungan yang menjadi ‘kata hati’ untuk satu hari (thoughts of the day); Anggota Komunitas Meditasi Katolik Ancilla Domini St. Yakobus.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: