Insomnia

Ayat bacaan: Mazmur 4:9
=====================
“Dengan tenteram aku mau membaringkan diri, lalu segera tidur, sebab hanya Engkaulah, ya TUHAN, yang membiarkan aku diam dengan aman.”

sulit tidur, insomnia

Semua orang pasti menginginkan tidur nyenyak yang berkualitas dan sehat pada malam hari. Tidur dibutuhkan agar tubuh kita dapat berfungsi dengan baik dan maksimal, baik secara fisik maupun mental. Tidur bisa membuat kita menjadi lebih sehat, tidak mudah sakit dan lebih produktif, konsentrasi terjaga, ingatan kuat bahkan bisa mempengaruhi tingkat emosi kita. Coba perhatikan ketika kita kurang tidur, selain tubuh lemas, biasanya emosi kita juga mudah meningkat. Ketika tidur, ada proses regenerasi dan perbaikan sel-sel dalam tubuh yang katanya dilakukan oleh hormon-hormon yang diproduksi tubuh. Ini proses yang terjadi ketika kita tidur. Selain itu anggota-anggota tubuh pun mendapatkan waktu untuk istirahat. Begitu pentingnya tidur bagi semua orang, namun tidak sedikit pula dari kita yang mengalami kesulitan tidur dengan berbagai sebab. Sulit tidur yang biasanya disebut juga dengan insomnia. Penyebab insomnia bisa beragam, seperti halnya pengamatan saya dari beberapa teman yang mengalami kesulitan tidur ini. Ada yang diakibatkan faktor pikiran. Rasa takut, khawatir, kegagalan-kegagalan, memikirkan pekerjaan dan sebagainya bisa mempengaruhi pikiran dan psikis kita. Depresi muncul akibat banyaknya tekanan bertubi-tubi sehingga membuat kita sulit tidur. Ada pula yang terlalu sibuk bekerja sehingga lama-lama menjadi sulit untuk tidur. Selain itu bisa juga akibat faktor lingkungan yang tidak mendukung, atau akibat gaya hidup yang buruk. Ada seorang teman yang menjadi insomnia akibat merasa kesepian. Begitu banyak faktor yang menyebabkan manusia sulit tidur. Tidur saja sulit, apalagi mendapatkan tidur yang berkualitas. “Wah jauh deh…. bisa tidur 2-3 jam saja sudah syukur..” kata seorang teman pada suatu kali. Semoga anda tidak mengalami insomnia seperti ini, karena insomnia sangatlah tidak baik untuk kesehatan maupun kestabilan fisik dan mental kita. Tapi jika di antara teman-teman ada yang mengalaminya, mari kita lihat apa kata Alkitab mengenai hal ini.

Perjalanan hidup Daud bukannya tanpa masalah. Kita tahu berapa kali Daud mendapatkan ancaman dan masalah. Ia manusia juga sama seperti kita yang bisa dicekam rasa takut pada saat-saat tertentu. Tapi lihatlah apa kata Daud pada ayat bacaan hari ini. “Dengan tenteram aku mau membaringkan diri, lalu segera tidur, sebab hanya Engkaulah, ya TUHAN, yang membiarkan aku diam dengan aman.” (Mazmur 4:9). Daud mampu tidur dengan tentram dalam damai. Bagaimana rahasianya? Karena Daud tahu pasti ada Tuhan yang menjaga dirinya, memastikan bahwa hidupnya ada dalam keadaan aman. Pada ayat sebelumnya kita juga membaca bahwa Daud merasakan sukacita yang diberikan Tuhan kepadanya (ay 8), ada sinar cahaya wajah Tuhan menyinarinya (ay 7), perlunya mempersembahkan korban yang benar dan percaya (yakin) sepenuhnya pada Tuhan, yang mampu melepaskan kita dari jerat masalah seberat apapun (ay 6), tidak membawa emosi atau kemarahan berlarut-larut ke tempat tidur (ay 5). Daud juga menyadari bahwa Tuhan selalu mendengarkan orang yang berseru padaNya (ay 4) dan selalu siap memberikan kelegaan dalam kesesakan. (ay 2). Singkatnya, Daud menyadari dengan sepenuhnya bahwa Tuhan penuh kasih setia menyertai anak-anakNya dan punya kuasa jauh lebih besar dari masalah terbesar sekalipun. Jika demikian, ia tidak perlu merasa sulit tidur. Daud pun bisa tidur nyenyak dengan tentram. Daud pun berkata: “Aku membaringkan diri, lalu tidur; aku bangun, sebab TUHAN menopang aku!” (Mazmur 3:6).

Dimanapun, kapanpun, kita bisa berhadapan dengan masalah. Namun ingatlah bahwa Tuhan punya kuasa yang jauh melebihi apapun itu. Yesus sendiri berkata “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.” (Matius 11:28). Ada jaminan dari Tuhan untuk terus menopang kita. Masalah boleh hadir, namun janganlah masalah itu membebani pikiran kita secara berlebihan sehingga membuat kita sulit tidur dan akhirnya kehilangan pengharapan.. Bagaimanapun juga tidur sehat berkualitas itu sangat kita butuhkan. Jika di antara teman-teman ada yang mengalami timbunan masalah, beban pikiran, gangguan secara psikologis dan sebagainya, ingatlah ada Tuhan Yesus yang selalu siap memberi kelegaan dan mampu menjaga anda. Malam ini datanglah padaNya dan rasakan jamahan Tuhan memberi anda kelegaan, lepas dari beban pikiran dan lain-lain yang membuat anda sulit beristirahat. Sleep tight, sweet dream.

Tidurlah dengan nyenyak dalam damai, sebab Tuhan menopang dan memberi kelegaan

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply