“In Te Confido”, Film Kisah Alm. Kardinal Justinus Darmajuwono Tayang Perdana 24 Oktober 2014

kardinal darmajuwono prKABAR gembira datang dari Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan Agung Semarang (Komsos KAS). Melalui surel, Penanggungjawab/Pelaksana Harian Komsos KAS Romo Noegroho Agoeng Pr mengabarkan bahwa kerja besar membuat film panjang tentang kisah hidup Justinus Kardinal Darmajuwono bertitel In Te Confido (Saya Percaya dalam Tuhan) kini sudah sampai tahap akhir. Dalam pekan mendatang, film In Te Confido […]

kardinal darmajuwono pr

KABAR gembira datang dari Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan Agung Semarang (Komsos KAS).

Melalui surel, Penanggungjawab/Pelaksana Harian Komsos KAS Romo Noegroho Agoeng Pr mengabarkan bahwa kerja besar membuat film panjang tentang kisah hidup Justinus Kardinal Darmajuwono bertitel In Te Confido (Saya Percaya dalam Tuhan) kini sudah sampai tahap akhir. Dalam pekan mendatang, film In Te Confido sudah siap naik tayang.

Menurut Romo Agoeng, In Te Confido akan naik tayang secara perdana di Lapangan Muntilan pukul 19.00 WIB, seiring dengan acara  pembukaan Hari Konggres Persaudaraan Sejati dan Hari Pangan Sedunia. Baca juga: “In Te Confido”, Film tentang Kardinal Justinus Darmojuwono Pr (2)

Jadwal penayangan berikutnya adalah tanggal 1 November 2014 di tempat yang sama.

“Nah, kebetulan pula dua pekan berikutnya yakni tanggal 2 November merupakan harijadi peringatan kelahiran Bapak Kardinal,” tulis Romo Agoeng dalam surelnya.

Pemutaran perdana film In Te Confido ini, kata Romo Agoeng, masih akan menggunakan sistem misbar alias gerimis bubar dimana penayangan film ini akan diadakan di lapangan terbuka beratapkan langit bebas. “Istilahnya pakai sistem layar tancep di lapangan terbuka, hingga kalau terjadi hujan deras tiba-tiba maka penonton dan operator film-nya juga akan langsung kukut (buru-buru angkut barang menyelamatkan diri),” tutur Romo Agoeng.

Kardinal pertama

Kardinal-Justinus-Darmojuwono-J0001

Kardinal pertama Indonesia: Uskup Agung Semarang Mgr. Justinus Darmajuwono Pr kurun waktu 1963-1981 diangkat menjadi Kardinal oleh Vatikan tahun 1967. Posisinya sebagai Uskup Agung Semarang digantikan oleh Mgr. Yulius Darmaatmadja SJ –mantan Provinsial SJ– yang kemudian oleh Vatikan juga dipilih menjadi Kardinal kedua Indonesia. (Ist)

Justinus Kardinal Darmajuwono (1914-1994) merupakan kardinal pertama Indonesia. Lahir tanggal 2 November 1914 di Desa Klewonan, Godean, Klepu, DIY, semasa kecil Justinus Kardinal Darmajuwono dikenal dengan nama Simin. Mengikuti kakaknya yang menjadi katolik, Simin muda kemudian minta dibabtis tahun 1932.

Meski tidak mendapat restu orangtuanya untuk menjadi imam, Simin muda kemudian masuk Seminari Mertoyudan tanggal 30 November 1935 dan kemudian melanjutkan studi di Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan Yogyakarta. Baca juga: 100 Tahun Kardinal Pertama Indonesia: Alm. Justinus Kardinal Darmojuwono Pr (1)

Menyandang nama baru sebagai Fr. Darmajuwono, ia menerima tahbisan imamatnya dari tangan Uskup Agung Semarang –uskup pribumi pertama Indonesia—Romo Kanjeng Mgr. Albertus Soegijapranata SJ di Gereja Santo Antonius Kotabaru Yogyakarta tahun 1947. Selang beberapa waktu kemudian, beliau mendapat tugas belajar di Universitas Gregoriana Roma.

Tahta Suci Vatikan memilih beliau menjadi Uskup Agung Semarang kurun waktu tahun 1963-1981 dan diangkat menjadi Kardinal tahun 1967. Selepas menjadi Uskup Agung Semarang dan digantikan oleh mantan Provinsial SJ Yulius Darmaatmadja SJ, Bapak Kardinal tetap melanjutkan karya pastoralnya sebagai pastor paroki di Gereja Banyumanik, Semarang Selatan. Ia menjadi ‘orang biasa’ lagi hingga akhir hayatnya.

Kerja panjang penuh dukungan
Menurut Romo Agoeng, kerja keras membuat In Te Confido berjalan lancar berkat dukungan banyak pihak. Di antaranya adalah sumbangan tak bernilai dari para pemain yang datang dari berbagai paroki dan keuskupan. Masing-masing dengan cara dan bakatnya sendiri menyumbangkan tenaga dan pikiran hingga akhirnya In Te Confido bisa rampung tahap finalisasinya hari-hari ini.

Menurut dia, film In Te Confido ini merupakan sumbangan Komsos KAS untuk semakin membantu umat katolik dalam pengembangan hidup menggereja dan berbangsa.

Proses penggandaan dengan DVD masih akan dilakukan.

Paroki-paroki yang ingin mendapatkan jadwal pemutaran film In Te Confido bisa menghubungi Romo Agoeng melalui email noegrohoagoeng@gmail.com

Kredit foto: Alm. Kardinal Justinus Darmajuwono Pr (1914-1994)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply